Jumat, 29 Mei 2020

Bedah Yamaha FreeGo: Oli, Spesifikasi dan Fitur Lengkap

Ketika mengingat motor matic, maka kesan membosankan dan monoton akan terlintas di pikiran kita.

Eits, namun kali ini Yamaha membawa warna baru dengan seri terbarunya yaitu Yamaha FreeGo.

Skuter matik atau motor matic keluaran Yamaha ini resmi diperkenalkan pada tahun 2018 lalu pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Centre.

Yamaha FreeGo sendiri merupakan keluaran setelah Mio yang mendapatkan kepercayaan Yamaha untuk membawa ritme motor matic klasik.

Tentu kamu yang memiliki rencana untuk membeli motor matic dengan desain bawaannya perlu melirik motor pabrikan Yamaha satu ini.

Desain Motor Yamaha FreeGo

Dimulai dengan desain, tentu motor Yamaha FreeGo akan mendapatkan nuansa yang biasa kamu lihat di motor matic. Namun jangan salah, motor kali ini memiliki berbagai teknologi terkini yang bisa kamu temukan di motor matic besar lainnya.

Yap, desain futuristik ditonjolkan Yamaha untuk motor matic terbarunya. FreeGo memiliki warna matte atau polos tanpa desain glossy yang mencolok. Selain itu, ruang gerak dan desian lampunya semakin membawa gaya simpel.

Pada kaki motor ditunjang dengan roda diameter 12 inci bersama ban berukuran 100/90-12 di bagian depan dan di bagian belakang dengan 110/90-12. Selain itu, Yamaha membawa konsep unik yaitu penempatan tangki bahan bakar.

Menggunakan tangki bahan bakar di bawah dek depan dan lubang pengisian di dasbor atas Yamaha FreeGo.

Penempatan ini membuat bagasi motor Yamaha FreeGo menjadi sangat luas dan lapang, kamu juga bisa mengisi bensin tanpa turun atau membuka bagasi terlebih dahulu.

Tidak ketinggalan, ada teknologi Electric Power Socket bila kamu ingin mengisi daya smartphone, serta Smart Key System (Keyless) agar lebih efisien.

Kesimpulannya, meski bodi matic klasik, Yamaha FreeGo tetap membawa teknologi terkini bagi para penggunanya, menarik bukan?

Mesin Motor Yamaha FreeGo

Beralih ke aspek yang tidak kalah penting, yaitu mesin. Yamaha FreeGo membawa spesifikasi mesin yang sangat ramping dan mengedepankan fungsionalitas. Yap, kamu yang gemar akan kecepatan tidak akan cocok dengan motor satu ini.

Selain karena demi kenyamanan pengendara, mesin motor yang digunakan juga berkapasitas 125 cc.

Untuk teknologi di mesin Yamaha FreeGo, ada mesin Blue Core yang membawa efesiensi bahan bakar dengan performa yang tetap optimal.

Tidak lupa, teknologi pengereman yaitu Anti-Lock Braking System atau ABS di bagian depan roda.

Lalu ada juga teknologi Stop & Start System untuk menjawab padatnya lalu lintas di Indonesia agar dapat menghemat bahan bakar saat berhenti.

BACA JUGA: Fungsi Rem Cakram Sepeda Motor: Cara Merawat dan Kelebihannya

Satu hal penting lainnya adalah bagian Piston dan Diasil Cylinder yang merupakan adopsi teknologi balap Yamaha. Pengembangan ini membawa komponen yang lebih awet, kuat, dan ringan.

Bagian speedometer juga menerapkan gaya digital dan memiliki indikator penting seperti engine check, level bensin, dan level aki.

Tentu selain memiliki teknologi yang canggih, rupanya komponen dari Yamaha FreeGo lebih awet dengan pembaruan bahan dasar dan rangka.

Namun, untuk Yamaha FreeGo tipe standar tidak akan disertai dengan teknologi ABS, Keyless, dan Stop & Smart System.

Spesifikasi Motor Yamaha FreeGo

 

  • - Mesin: Air Cooled 4-Stroke SOHC, Fuel Injection
  • - Kapasitas Mesin: 125 cc
  • - Daya Maksimum: 7,0 kW / 8000 RPM
  • - Torsi Maksimum: 9,5 Nm / 5500 RPM
  • - Sistem Starter: Elektrik & Starter Injak
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 4,2 Liter
  • - Tipe Kopling: Single Dry Clutch
  • - Tipe Transmisi: Full Otomatis
  • - Warna Yamaha FreeGo: Metallic Red, Metallic Blue, Matte Grey, Matte Blue

Oli Motor Yamaha FreeGo

Kita sudah membahas spesifikasi dan fitur lengkap dari Yamaha FreeGo, kini bagian yang tidak kalah penting yaitu perawatan. Oli mesin menjadi komponen yang penting bagi setiap motor, termasuk Yamaha FreeGo.

Formula dan spesifikasi yang tepat untuk Yamaha FreeGo adalah 10W-40, sesuai dengan standar motor-motor Yamaha kebanyakan.

Tidak kalah penting adalah komponen oli sintetis karena memiliki berbagai kelebihan di komponen kendaraan.

Kenapa harus sintetis? Karena memiliki beragam teknologi pelekatan serta mampu menjaga kendaraan di suhu yang tinggi. Jangan mengabaikan oli mesin, karena kerusakannya bisa menghambat kinerja motor.

Bila fatal, maka kamu tidak bisa menyalakan motor matic kamu di tengah perjalanan. Kendala lainnya adalah suara kasar yang dapat kamu dengar ketika kendaraan sedang beroperasi.

Jadi jangan sampai salah pilih! Gunakan oli TOP 1 Action Matic, memiliki beragam kelebihan untuk motor Yamaha FreeGo kamu! Teknologi sintetis dan berstandar JASO yang sesuai dengan mesin pabrikan Jepang.

Tunggu apalagi? Ganti oli motor kamu dengan TOP 1 Action Matic di bengkel kesayangan.

Atau beli di toko resmi TOP 1 di Tokopedia sekarang, banyak diskon, bebas ongkir, dan pastinya asli sob!

Rekomendasi untuk kamu: