Selasa, 27 November 2018

Begini Cara Penggunaan Klakson Mobil yang Benar

Jalanan macet itu selalu menjadi momok menakutkan. Selain penuh polusi, jalanan penuh riuh suara bising dari klakson terutama klakson mobil yang berbunyi terlalu nyaring. Hal ini tidak akan terjadi jika pengemudi mobil menggunakan klakson dengan baik dan sesuai aturannya.

Yang paling menyebalkan adalah jika mobil memodifikasi bunyi klakson dan menjadikan klakson sebagai ajang marah-marah di jalanan.

Baca juga: Kelebihan Oli Full Synthetic Daripada Oli Biasa Untuk Mobil Kamu

Yap. Klakson mobil memang merupakan elemen penting dalam sebuah kendaraan. Akan tetapi, tentu penggunaannya sudah diatur serta memiliki tata caranya tersendiri. Klakson memang sengaja dibuat sebagai sesuatu komunikasi dan tanda peringatan untuk keselamatan. Jangan kamu lakukan secara sering dan sembarangan.

Nah, agar kamu tidak salah kaprah dalam menggunakan klakson. Kamu harus tahu beberapa hal ini.

  1. Jangan menggunakan klakson pada malam hari. Lampu mobil sudah sangat membantu pengguna lain ketika kamu berkendara.
  2. Saat kamu mendahului mobil lain, cukup bunyikan klakson sekali saja, ya. Tidak perlu banyak bunyian. Tapi kamu perlu paham kondisi tertentu juga.
  3. Ketika kamu mendapatkan kesempatan untuk menyalip, kamu bunyikan klakson setengah bunyi secara lembut sebagai ucapan terima kasih.
  4. Penggunaan lampu besar harusnya dilakukan satu hingga empat kali sebelum menggunakan klakson
  5. Kamu juga boleh membunyikan klakson ketika kamu dalam keadaan waspada. Misalnya, pengemudi lain hendak mengambil jalur ketika kamu sudah benar di jalan atau melihat ada kendaraan yang membahayakan.
  6. Kamu boleh membunyikan klakson sebagai bentuk pemberitahuan dalam keadaan genting atau terlihat adanya tanda bahaya.

Bunyi Klakson Ada Aturan

Jangan salah, bunyi klakson juga sudah diatur dalam aturan resmi pemerintah dan harus dipatuhi oleh para pengemudi dan produsen kendaraan. Selain tidak boleh dibunyikan secara sembarangan, kamu juga nggak boleh memodifikasi sendiri bunyi klakson kamu dengan keras sehingga dapat mengganggu kenyamanan orang lain.

Bunyi-bunyian keras di jalanan termasuk dalam polusi suara karena berada di ruang publik. Kekuatan bunyi pun juga sudah diatur sedemikian rupa hingga telinga manusia bisa sesuai mendengarnya. Klakson yang harus dipatuhi adalah yang berada di desibel 83 hingga 118 desibel.

Semua aturan itu  tertulis di (Peraturan Pemerintah) PP Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 69.

Intinya, kamu harus bijak dalam menggunakan klakson sehingga tidak mengganggu pengendara maupun orang-orang di sekitar, ya.

Baca juga: Kelebihan oli mesin full Sintetik untuk kendaraan kamu

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standar pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

Rekomendasi untuk kamu:

Selasa, 27 November 2018
Newsletters