Cara Ganti Pelumas Mobil Sendiri, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini

Cara Ganti Pelumas Mobil Sendiri, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini

Ganti pelumas mobil sendiri sebenarnya sangat mudah. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Yuk Simak 5 langkah mudah ganti pelumas mobil sendiri berikut ini

1. Angkat Mobil

Siapkan peralatan seperti dongkrak, penyangga, dan balok atau batu. Pastikan Anda menempati posisi dengan benar, jika salah makan akan merusak mobil Anda.

Caranya, Anda hanya perlu pasang rem tangan dan tahan dengan penyangga pada permukaan datar. Selain itu, ganjal ban belakang mobil Anda dengan sesuatu seperti batu atau kayu balok.

2. Panaskan Mobil Anda dan Buang Pelumas Lama

Anda hanya perlu memanaskan mesin mobil selama dua hingga tiga menit. Mesin hangat juga membantu kotoran yang tercampur dengan pelumas ikut terbuang.

Selagi Anda memanaskan mesin mobil, Anda perlu menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Anda perlu menyiapkan pelumas sesuai takaran liter kebutuhan mesin mobil Anda, saringan pelumas baru, baki dan kertas koran bekas untuk menampung pelumas bekas, dan kunci-kunci mobil yang dibutuhkan.

Anda juga perlu membuka kap mesin, buka kenop tempat pengisian pelumas. Ini dimaksudkan agar proses pengurasan pelumas bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

Sebelum membuang, letakan koran atau kertas bekas agar tidak terlalu terpapar pelumas serta ember/baki untuk menampungn pelumas mobil lama Anda.

Selanjutnya buka baut penutup bak pelumas, otomatis pelumas akan mengucur dengan sendirinya. Pada saat pelumas telah keluar semua, pasang kembali baut penutup lalu kencangkan

3. engganti Saringan Pelumas

Tugas Anda selanjutnya adalah mengganti saringan pelumas. Umumnya, berbentuk semacam silinder sepanjang 10-15 cm dan berdiameter sekitar 8-9.

Baca juga: Pelumas Encer Terbaru Top 1 Siap Meluncur

Pastikan ember/baki penampung pelumas masih berada di tempatnya. Biasanya, ada sedikit pelumas yang tersisa di tabung saringan. Kemudian, pastikan seal karet berbentuk lingkaran pada saringan pelumas telah dilepas. Terakhir, pasang saringan pelumas dengan hati-hati dan seksama.

4. Gunakan Pelumas TOP1 Evolution Full Synthetic

Selalu gunakan pelumas mobil terbaik untuk mesin kendaraan Anda, seperti Pelumas TOP1 Evolution Full Synthetic yang sudah teruji keunggulannya. Pelumas TOP1 Evolution memiliki beragam jenis pelumas dan SAE untuk berbagai jenis mobil.

Pelumas TOP1 telah berpengalaman dalam memproduksi pelumas Full Synthetic dengan kualitas terbaik. Pelumas Full Synthetic adalah pelumas hasil terbersih dari pemilahan pelumas mineral. Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, Pelumas yang Full Synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan Pelumas biasa.

Pelumas TOP1 Evolution memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan Melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

5. Tuang Pelumas Baru

Setelah melewati beberapa tahap di atas, tuang pelumas diposisi mobil berada di tempat datar. Hal ini dimaskudkan agar Anda dapat mengetahui tanda pengukur pelumas dengan tepat.

Kemudian, pasang kembali tutup pengisian pelumas ketika sudah selesai menuang pelumas mobil Anda. Periksa kembali apakah masih ada alat yang tertinggal.

Baca juga: Ini Rahasia Pembuatan Oli Top 1 di Amerika

Anda juga perlu menyalakan mesin untuk memastikan lampu indikator tekanan pelumas mati setelah mesin menyala. Posisikan perseneling pada netral dan rem tangan terpasang. Menyalakan mesin mobil juga berguna untuk meningkatkan tekanan dan mengecek apakah semua bagian telah terpasang baik.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024