Cara Merawat Mobil Matic Yang Baik

Cara Merawat Mobil Matic Yang Baik

Tidak hanya di kota-kota besar, mobil matic kini semakin diminati, hal ini dapat dilihat dari jumlah pertumbuhan pasar mobil matic di Indonesia, lantas bagaimana cara perawatan mobil matic yang baik dan benar?

Tak jarang beberapa calon pembeli mobil matic kerap kali menanyakan "apakah perawatan mobil matic sulit?" atau " apa benar merawat mobil matic lebih sulit daripada mobil manual?

Baca Juga : Oli Yang Bagus Untuk Mobil LCGC Daihatsu Sigra Dan Toyota Calya

Nyatanya, mobil matic memang memiliki perawatan yang berbeda dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual.  Selain itu, mobil yang sangat mudah untuk dikendarai ini ternyata membutuhkan biaya perawatan yang sedikit lebih mahal, apalagi jika ada penggantian komponen mesin yang rusak.

Untuk menghindarinya, maka sebagai pemilik mobil, Anda harus merawat mobil matic dengan baik.

Perawatan Mobil Matic

Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas mobil matic Anda. Untuk melakukannya pun tidak mudah, hanya saja Anda harus rutin dan teliti.

1 Panaskan Mesin Mobil Sebelum Mulai Berkendara

Memang, memanaskan mesin mobil merupakan hal yang mudah namun kerapkali dilupakan oleh para pengendara mobil matic, apalagi jika sedang dikejar waktu.

Baca Juga : Oli Mineral dan Oli Sintetik, Mana yang Lebih Baik?

Rutin memanaskan mobil dapat berguna untuk menyusuaikan suhu mesin mobil kamu, sekaligus memberikan waktu agar sirkulasi oli dapat bekerja secara merata sebelum mobil dijalankan.

 Cara untuk memanaskan mobil juga harus dilakukan dengan benar.

Perawatan mobil matic dengan cara memanaskan mesin tidak perlu terlalu lama, apalagi sampai membuang-buang bahan bakar, cukup dengan 2 hingga 3 menit tanpa menyalakan AC.

Ketika memanaskan mesin mobil, pastikan bahwa transmisi mobil netral dan Anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam. Penginjakkan gas terlalu dalam hanya akan menimbulkan polusi apalagi jika Anda berada di komplek perumahan.

Baca Juga : Review Oli Encer 0W-20 Terbaik Untuk Suzuki Ertiga : TOP1 HP Sport

Jika kinerja mesin sudah stabil, maka Anda dapat menyalakan AC dan mobil sudah siap dijalankan.

2 Penggunaan Persneling

Penggunaan persneling yang benar juga sangat menentukan keawetan kinerja mobil matic kamu.

Saat posisi mobil matic anda diam terparkir, pastikan tuas persneling berada pada posisi "P", kemudian jika mesin mobil Anda masih menyala dan tidak sepenuhnya berhenti, misalnya dalam keadaan macet, jangan pindahkan persneling ke “P” karena komponen persneling Anda lama kelamaan akan rusak. Anda dapat memindahkannya ke “N” (Neutral) dan mengangkat rem tangan.

Contoh lain adalah jika Anda ingin memarkirkan kendaraan Anda, jangan pindahkan persneling ke “D” (Drive) kemudian mematikan mesin kendaraan secara paksa.

3 Servis Berkala

Apapun jenis mobil Anda, servis berkala merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memastikan bahwa mobil matic Anda selalu prima.

Jadwal servis berkala ini biasanya telah diberikan di buku panduan awal ketika Anda membeli mobil tersebut. Servis berkala ini akan bermanfaat untuk melihat kinerja mesin serta memastikan bahwa mesin mobil Anda tidak ada masalah.

4 Penggantian Oli

Oli mesin mobil berguna sebagai pelumas komponen mesin untuk mengurangi gesekan antar komponen. Selain itu, oli juga berguna sebagai pembersih kotoran yang ada di mesin yang kemudian disaring dengan saringan oli mesin. Oli juga berguna sebagai pendingin mesin dan pencegah karat.

Baca Juga : Oli Paling Baik Untuk Membuat Performa Honda Mobilio Kamu Semakin Maksimal

Memilih oli mobil matic dengan kualitas terbaik memang cukup sulit bagi beberapa pemilik kendaraan.

Tidak hanya oli standar pabrikan saja, oli aftermarket juga cukup banyak tersebar dipasaran. Salah satu oli mesin berkualitas yang telah melampaui standar pabrikan adalah TOP1 HP Sport Series.

TOP1 Oil menghadirkan rangkain oli yang sudah berbahan dasar full synthetic kelas dunia dengan harga yang cukup terjangkau.

TOP1 HP Sport adalah rekomendasi oli mobil terbaik karena telah memenuhi standar tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Commitee (ILSAC) GF-5, dan tersedia dalam 2 tingkat kekentalan yang berbeda, yaitu oli TOP1 HP Sport SAE 0W-20 dan TOP1 HP Sport SAE 15W-40.

TOP1 HP Sport SAE 0W-20 hadir dengan berbahan dasar 100% sintetik, memiliki indeks viskositas 0W-20 dan dijual pada kisaran harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 95.500 per liter

TOP1 HP Sport SAE 0W-20 Dengan tingkat kekentalan yang rendah, mempermudah kinerja mesin dan distribusi pelumas ke dalam celah-celah mesin sehingga akan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Oli encer 0W-20 sangat cocok untuk mobil-mobil keluaran terbaru dan mobil LCGC.

Dengan kadar TBN yang lebih tinggi, maka perlindungan komponen mesin dari oksidasi dan korosi juga menjadi lebih maksimal.

TOP 1 HP Sport Series memiliki ukuran molekul yang lebih homogen yang membuatnya mampu melindungi mesin dari gesekan lebih maksimal. TOP 1 HP Sport Series juga telah diformulasikan untuk pengendaraan pada lalu lintas padat dan kemacetan yang berpotensi membuat pelumas bekerja ekstra.

Sebelum Anda mulai menggunakan mobil matic Anda, pahami segala informasi yang dicantumkan di buku panduan. Di dalam buku panduan, juga terdapat informasi cara perawatan mobil dan kapan Anda harus membawa mobil Anda untuk dilakukan servis berkala.

Sebenarnya merawat mobil matic tidak mahal, hanya saja Anda harus rutin dan sering melakukan tips-tips di atas.

© PT Topindo Atlas Asia 2024