Selasa, 5 November 2019

Cara Mudah Membaca Kode Pada Kemasan Oli, Jangan Bingung Lagi Ya!

Beda motor pasti beda juga kebutuhan olinya, sebelum melakukan penggantian oli, pastikan anda sudah memahami kode-kode yang ada pada kemasan oli berikut ini.

Kebanyakan merek oli di Indonesia menggunakan  standarisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization), diantara sekian banyak standarisasi JASO, ada 2 yang paling populer di Indonesia, yaitu JASO MA dan JASO MB.

Baca Juga : Ubah Performa Jelek Motor Matic Kamu Jadi Mantab Lagi, Pakai Oli TOP1

JASO MA untuk sepeda motor dengan kopling basah. Maksudnya motor dengan konstruki rumah kopling terendam oli. Sedang JASO MB untuk sepeda motor kopling kering. Seperti motor matic atau skuter yang koplingnya tidak terendam oli.

Seiring perkembangan teknologi, spesifikasi JASO MA untuk sepeda motor tipe bebek dan motor sport terus bergerak. Dari MA, MA1 sampai yang paling terbaru adalah MA2. Hampir semua pelumas terbaru menggunakan standarisasi JASO MA2.

Apa bedanya? "Hanya pada aditif-nya saja," buka Shara, Brand Activation Manager PT Topindo Atlas Asia. Aditif adalah bahan kimia yang ditambahkan untuk meningkatkan kualitas pelumas.

"Dan tentunya JASO MA2 jadi lebih baik dari JASO MA," lanjut Shara yang kerap kali memberikan materi knowladge pelumas kepada komunitas dan klub otomotif ini.

Pada oli dengan spesifikasi JASO MA2 kemampuan melumasinya jauh lebih baik dari JASO MA. Tapi di sisi lain tidak mengganggu kinerja kopling, kampas kopling tetap tidak mudah selip.

Nah, sekarang anda sudah paham dong apa aja sih maksud dari kode-kode pada kemasan oli.

Pastikan oli yang anda gunakan sudah sesuai dengan spesifikasi kendaraan anda ya.

Baca Juga : Harga Busi Motor Terbaik 2019 : Tipe Iridium, Platinum & Racing

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters