Sabtu, 4 Januari 2020

Cara Paling Gampang Untuk Hilangkan Panik Saat Belajar Mengendarai Mobil Manual

Tidak perlu khawatir, semua orang yang baru belajar mengendarai mobil pasti pernah merasa panik, lantas gimana cara gampang untuk menghilangkan rasa panik saat baru belaja mengendarai mobil? Simak Artikel berikut ini

Kebanyakan orang pasti merasa bingung dan grogi saat pertama kali mengendarai mobil dengan transmisi manual. Bukan rintangan atau kondisi jalanan, justru ketakutan dan rasa panik dalam dirimu yang menjadi halangan utama dalam proses belajar mengendarai mobil.

 

Baca Juga : Ban Mobil Pecah Tiba-tiba? Ini Cara Mengatasinya

 

Nah belajar mengendarai mobil memang susah-susah-gampang, berikut ini beberapa tips cara yang dapat anda lakukan untuk meminimalisir rasa panik ketika berkendara

 

1.Atur posisi duduk senyaman mungkin

Mengatur posisi duduk merupakan sesuatu yang sangat penting, setiap orang memiliki cara nyaman yang berbeda-beda. Pertama-tama aturlah ketinggian jok dan jarak jok dengan stir disesuaikan dengan ukuran tinggi dan besar badan anda.

Pastikan pula jarak jok dengan pedal gas, rem dan kopling, pastikan anda dapat dengan mudah mengakses ketiganya. Jangan sampai posisi duduk terlalu jauh yang justru akan menghambat anda untuk dapat mengendarai mobil dengan optimal.

 

2.Pahami funsi dari berbagai alat/komponen dalam berkendara

Berbagai fungsi dari alat-alat yang berada di kabin wajib dipahami oleh pengendara agar tidak salah saat menggunakannya. Untuk itu, pahami berbagai pedal yang terdapat di bawah. Pedal yang paling kanan adalah pedal gas, lalu pedal tengah adalah rem, dan yang paling kiri adalah pedal kopling. Tepat di sebelah kiri Anda, terdapat tuas transmisi dan rem tangan (rem parkir). Tuas transmisi berguna untuk mengatur tenaga serta kecepatan mobil, sedangkan rem tangan merupakan alat yang digunakan saat Anda berhenti atau parkir.

Selain alat-alat tersebut, pahami juga berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda dalam berkendara, seperti Electronic Stability Control (ESC), cruise control, dan lain-lain. Lalu, lakukan percobaan pada semua alat dan fitur agar Anda lebih memahami bagaimana cara penggunaannya.

 

Baca Juga : TOP 1 HP Sport, Oli Terbaik Untuk Mobil Toyota Calya

 

3.Jalankan mobil anda secara perlahan

Setelah nemukan posisi duduk yang nyaman dan memahami berbagai alat alat dalam berkedara. Mulailah memberanikan diri untuk menjalankan kendaraan anda. Caranya mudah kok, injak kopling lalu masukkan gigi 1, lalu lepaskan kopling dan injak gas secara bersamaan secara perlahan.

Ingat ya setiap kali anda ingin melakukan perpindahan gigi, pastikan kopling sudah terinjak penuh dulu ya. Jangan lupa untuk sesekali melirik kaca spion disisi kanan dan sisi kiri mobil anda, pastikan tidak mobil lain disisi mobil anda sebelum berpindah jalur atau melakukan belokkan.

 

Baca Juga : Oli Mineral dan Oli Sintetik, Mana yang Lebih Baik?

 

4.Dengarkan musik yang ringan dan santai

Hindari berkendara sambal mendengarkan lagu yang keras atau menghentak, karena hal ini justru dapat mengganggu konsentrasi anda. Dengarkan lagu-lagu yang santai untuk memberikan suasana rileks saat berkendara

 

5.Belajarlah dari orang yang profesional

Eits, profesional disini maksudnya bukan pembalap ya, mintalah kakak / ayah / teman dekat anda yang sudah mahir berkendara untuk mengajarimu, atau jika anda memiliki budget yang cukup anda bisa mendaftar dikelas mengemudi yang tentu sudah memahami cara-cara berkendara yang baik dan benar. Terakhir adalah perbanyak jam terbang dengan cara melakukan banyak latihan. Jika sudah terbiasa, rasa grogi pasti akan hilang denga sendirinya. Anda dapat melakukan latihan sendiri dengan mengendari mobil di tempat sepi dan luas, misalnya di lapangan, parkiran, atau tempat lainnya.

Rekomendasi untuk kamu: