Sabtu, 2 November 2019

Cek Dulu Alat-Alat, Cara, Dan Fungsi Tune Up Mobil

Tune Up Mobil merupakan sebuah cara untuk memeriksa, memelihara dan memaksimalkan kinerja mesin mobil anda. Dengan melakukan Tune Up, mobil kamu akan terasa nyaman kembali setelah penggunaan mobil sehari-hari.

Sebenarnya anda tidak perlu pergi ke bengkel untuk melakukan tune up mobil, karena anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Yuk simak daftar alat-alat yang dibutuhkan untuk melakukan tune up mobil sendiri di rumah berikut ini:

Alat yang digunakan untuk Tune Up Mobil

Untuk melakukan tune up, seseorang harus menggunakan alat-alat yang mana nanti sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja mobil. Alat yang harus digunakan adalah :

  1. Feeller Gauge atau alat pengukur celah di antara dua permukaan
  2. Kunci Pas Ring
  3. Obeng Plus ( + ) dan Obeng Minus ( – )
  4. Alat Pengukur Kecepatan Rotasi atau Tachometer
  5. Alat Menyetel Penyalaan atau Timing Light
  6. Tester Kompresi
  7. Multi Tester
  8. Hidrometer

 

Baca Juga : Radiator Coolant Yang Bagus: TOP1 Power Coolant

 

Langkah-Langkah Tune Up Mobil

Setelah semua alat-alat disiapkan, kamu tinggal siapkan kendaraan. Sebelum melakukan langkah-langkah tune up mobil, pastikan dulu mobil anda dalam kondisi dingin atau belum digunakan, idealnya anda melakukan seluruh rangkaian pengecekan tune up mobil dipagi hari.

Jika semuanya sudah siap, lakukan langkah-langkah tune up mobil berikut ini :

  1. Periksa Baterai atau Aki

Langkah langkah tune up yang pertama adalah Anda harus memeriksa baterai dari kemungkinan rusaknya penyangga baterai yang berkarat.

Cek juga baterai dari kemungkinan hubungan terminal longgar, terminal berkarat, ataupun terminal yang rusak. Selain itu, Anda harus memeriksa batas air aki. Air aki yang normal yaitu harus ada di antara batas atas dan batas bawah.

  1. Periksa Saringan Udara

Cara untuk memeriksa saringan udara adalah buka kemudian bersihkan elemen saringan udara. Untuk membersihkannya bisa dengan cara menghembuskan udara bertekanan dari arah sebelah dalam.

Apabila elemen saringan udara ini rusak atau terlalu kotor, bisa diganti dengan elemen yang baru.

 

Baca Juga : Oli Mobil Terbaik Untuk Mobil Honda Brio Satya

 

  1. Periksa Tali Kipas

Tali kipas sebaiknya harus diperiksa dari adanya kehausan, retak, maupun ketegangan. Jika perlu, maka tali kipas harus diperiksa. Untuk memeriksa kelenturan tali kipas, maka beri tekanan sebesar 10 kilogram atau 98 Newton di tengah-tengah poli pompa air dan altenator. Cek juga pada tali kipas sudah terpasang dengan benar.

  1. Periksa Busi

Untuk memeriksa busi adalah dengan cara membuka busi dari tempatnya. Kemudian periksa elektroda tengah di setiap busi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengikisan, pecah, atau perselin pada busi rusak.

Jika busi sudah dalam keadaan tidak baik, maka harus diganti. Bersihkan juga busi dengan sikat kawat yang halus jika busi ingin di pakai kembali. Untuk menyetel celah elektroda busi, sebaiknya menggunakan SST atau Special Service Tool.

 

Baca Juga : 5 Tips Atasi Stress Saat Macet

 

  1. Periksa Kabel Tegangan Tinggi

Langkah langkah tune up yang terakhir adalah memeriksa kabel tegangan tinggi. Cara memeriksa kabel tegangan tinggi ini adalah dengan cara melepas kabel tegangan tinggi dari tutup distributor.

Saat melepas kabel busi, Tarik dengan cara memegang bagian ujung atau pembungkus kabel. Disarankan untuk tidak memegang pada bagian tengah kabel. Kemudian periksa tahanan kabel dengan menggunakan Multi tester. Tahan kabel setidaknya harus kurang dari 25 kilogram pada setiap kabelnya.

  1. Gunakan EVO ENGINE TUNE UP

Untuk memaksimalkan performa mobil anda, ada baiknya anda menggunakan rangkaian produk tune up mobil mesin mobil seperti fuel system cleaner, fuel injector cleaner, ataupun octane booster.

Nah salah satu produk tune up mobil terbaik dan komplit yang bisa anda gunakan adalah TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP. TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP adalah perawatan sistem bahan bakar yang diformulasikan untuk meningkatkan daya dan mengurangi emisi berbahaya yang dikeluarkan oleh mobil anda.

Selain itu, TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP mampu mengingkatkan kinerja mesin dan merawat keseluruhan sistem bahan bakar mobil anda termasuk : injektor bahan bakar, karburator, katup intake dan intake manifold.

Berikut ini adalah kegunaan lengkap TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP :

  1. Murah dan Simple, tanpa biaya besar dan tanpa menunggu lama di bengkel, anda dapat melakukan tune up mobil anda sendiri di rumah.
  2. Mencegah endapan terbentuk di ruang bakar, sekaligus memaksimalkan efesiensi bahan bakar.
  3. Mampu meningkatkan kinerja mesin dan mengurasi emisi berbahaya.

Untuk hasil maksimal, tuang TOP 1 ENGINE TUNE UP pada tangki bensin mobil anda sesaat sebelum melakukan pengisian penuh bensin mobil anda, rasakan sensasi maksimal bahkan hingga 5000 km.

Rekomendasi untuk kamu: