Selasa, 14 Januari 2020

Fungsi Penting Oli Transmisi dan Oli Gardan Pada Mobil Anda

Selain oli mesin, pemilik mobil juga harus mengganti oli transimis dan oli garden secara berkala. Karena oli transmisi dan oli garden juga memiliki fungsi yang sangat vital untuk menunjang kinerja mesin. Apa saja fungsinya? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Oli memang berperan sangat penting bagi kendaraan, tugasnya pun sangat vital mulai dari melumasi mesin, sebagai pelindung atau dinding penyekat antar komponen sampai dengan membantu menjaga mesin agar tidak cepat panas.

Jadi tidak heran jika pada kendaraan beberapa bagiannya harus menggunakan oli atau pelumas untuk beraktivitas, seperti mesin, transmisi, gardan, rem dan power steering. Khusus untuk oli transmisi saat dikenal ada dua jenis yaitu oli untuk transmisi manual dan oli untuk transmisi matik.

 

Baca Juga : Pentingnya Radiator Mobil, Awas Jangan Sampai Bocor

 

Masalahnya, kendati memiliki peran dan fungsi yang sangat penting, oli transmisi maual dan gardan mobil sering kali dilupakan. Bila tidak diperhatikan, ini dapat mengganggu sistem penyaluran daya dari mesin ke roda. Pasalnya, roda gigi bisa cepat aus apabila olinya sudah tidak melumasi dengan baik. Bayangkan saja jika ketika melaju kencang lalu secara tiba-tiba roda berhenti berputar karena gardan tidak berfungsi.

Ada beberapa jenis oli transmisi dan gardan, tergantung jenis kendaraan dan penggunaannya. TOP 1 menyediakan beberapa jenis oli transmisi. Umumnya penggantian oli transmisi manual bersamaan dengan penggantian oli gardan. Jika tidak ingin ada masalah serius, cukup rutin mengganti oli transmisi dan gardan setiap 10.000 km.

Umumnya untuk mobil jenis keluarga (MPV), sedan, dan city car atau mobil kecil disarankan menggunakan oli multigrade dengan spesifikasi 80W-90. TOP1 menyediakan oli jenis ini yaitu TOP 1 Synthetic Gear Oil SAE 80W-90 API GL-5. Oli ini dapat digunakan baik penggerak roda depan, belakang ataupun 4WD.

Baca Juga : Memilih Oli Mobil Terbaik Harus Perhatikan Dulu Dua Hal Ini

 

Untuk kendaraan-kendaraan yang beban kerjanya berat seperti kendaraan yang diperuntukkan niaga atau mobil mobil yang sudah cukup berumur, dapat memilih oli single grade dengan SAE 90 atau SAE 140. TOP 1 memiliki produk GEAR OIL MB SAE 90 dan GEAR OIL HD SAE 140. Tipe ini lebih kental untuk mendukung beban kerja yang berat.

Untuk kendaraan yang sudah dilengkapi dengan fitur LSD (Limited Slip Differential) disarankan menggunakan oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk tipe LSD. Gunakanlah TOP 1 GEAR OIL LSD SAE 75W-90 yang telah terbukti cocok.

Baca Juga : Oli Mobil Toyota Agya Terbaik 

 

Untuk mengetahui apakah kendaraan Anda sudah didukung dengan fitur LSD atau tidak, bisa dengan melakukan dongkrak dua roda belakang, coba putar salah satu roda, kalau roda satunya juga ikut berputar berarti gardannya dilengkapi LSD.

Lebih tepatnya untuk mengetahui tipe oli transmisi dan gardan yang sesuai dengan spesifikasinya dapat dicek di buku manual, perhatikan penggantian secara rutin agar usia roda gigi transmisi dan gardan bisa lebih awet.

Rekomendasi untuk kamu: