Jumat, 27 Maret 2020

Honda Brio RS di Tahun 2020: Fitur, Performa dan Oli yang Cocok

Perubahan gaya hidup menjadi salah satu alasan perubahan mobil dari tahun ke tahun.

Ada yang membutuhkan praktis, kesan sporty, fitur komplit dan lain sebagainya. Mobil sendiri seakan menjadi simbol kesuksesan di Indonesia mengingat harganya yang tidak murah.

Namun terlepas alasan atas perubahan mobil dari tahun ke tahun, rasanya mengevaluasi mobil yang sudah rilis untuk masuk ke daftar belanja kamu tidak ada salahnya. Mobil sendiri memiliki tingkat depresiasi harga yang cukup tinggi.

Nah, semua jadi keputusan pembeli apakah butuh mobil baru di tahun awal perilisan atau mobil bekas yang dirasa masih relevan hingga tahun ini.

Kali ini, All New Honda Brio RS akan menjadi topik pembahasan, apakah masih layak dibeli di tahun 2020? Yuk, simak ulasannya Sobat TOP 1!

Eksterior Mobil Honda Brio RS

Honda Brio sendiri memiliki berbagai kelas sesuai dengan jenjang harganya.

Pada seri lebih murah ada Brio Satya dengan perbedaan di transmisi matic ataupun manual serta teknologi. Semua seri Honda Brio juga spesifikasi yang berbeda sesuai dengan jenjang harganya.

Pada aspek eksterior, mobil Honda Brio RS memiliki desain velg yang khas berbeda dengan seri Brio Satya.

Dilengkapi dengan kombinasi 2 warna, silver dan hitam berukuran R15 inci. Lalu ada garis panel di bagian dashboard mobil juga dipercantik dengan body kit di sisi samping seri Brio RS.

Untuk warna juga sangat mencolok mengingat seri Honda Brio RS memiliki Two Tone Color atau kreasi dua warna di bagian atap serta grille depan.

Satu hal yang paling mencolok adalah desain spoiler karena versi RS memiliki desain yang lebih keren dengan High Mount Stop Lamp di bagian tengah spoiler.

Interior Mobil Honda Brio RS

Beralih ke bagian interior yang di mana kenyamanan pengendara menjadi aspek terpenting. Pada seri Honda Brio RS, bagian unit atau dashboard kendaraan sudah dilengkapi dengan fitur LCD Touch Screen berukuran 7 inci.

Selain itu, fitur pelengkap seperti Bluetooth, DVD Radio, USB serta Aux juga tersedia. Di kursi kendali tepatnya bagian setir juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan kehadiran tombol alih navigasi.

Bagian kursi juga dilengkapi dengan bahan empuk layaknya sofa dengan muatan lebih dari 6 orang.

Tentu spesifikasi ini cocok sebagai mobil keluarga dan kebutuhan lainnya yang menyangkut aspek luas tempat.

Lalu juga ada teknologi Retracable Mirror yang berfungsi untuk membuka dan menutup spion secara otomatis dengan sekali pencetan tombol saja.

Fitur ini eksklusif di seri Honda Brio RS dengan harga yang juga berbeda cukup jauh dengan seri Brio Satya.

Spesifikasi Mobil Honda Brio RS

Pada bagian mesin, Honda Brio memiliki sisi kemudi yang relatif ringan dan akselerasi memukau yang juga ditunjang dengan handling stabil. Honda Brio memiliki tenaga yang cukup besar di kelasnya yaitu sebesar 1300 cc.

Teknologi di bagian mesin juga ditunjang dengan teknologi terbaru di serinya yaitu 1.2 L SOHC 16 Valve, i-VTEC DBW dan sistem bahan bakar PGM-FI berkapasitas 1199 cc.

Honda Brio juga cukup irit yang kurang lebih membutuhkan 5 liter bahan bakar untuk 100 km jarak tempuh.

Pada bagian rem juga Honda Brio RS sudah dilengkapi teknologi terbaru yaitu ABS dan EBD. Untuk sisi keamanan, mobil Honda Brio RS juga sudah dilengkapi 2 Air Bag di kursi depan.

  • Mesin: 1.2 L SOHC Silinder, 16 atup i-VTEC + DBW
  • Kapasitas Mesin:  1199 cc / 1300 cc
  • Daya Maksimum: 90 PS / 6.000 RPM
  • Torsi Maksimum: 110 Nm / 4.800 RPM
  • Sistem Starter:  Elektrik
  • Sistem Bahan Bakar: PGM Fuel Injection - Bensin
  • Tipe Kopling: -
  • Tipe Transmisi: 5 Percepatan Manual / Otomatis (Matic)
  • Warna Honda Brio RS 2020: Crystal Black Pearl, Taffeta White, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, Carnival Yellow, Phoenix Orange Pearl, dan Coffee Cherry Red.

Lantas, masih relevankah Honda Brio RS untuk dibeli di tahun 2020 meski sudah dirilis sejak 2-3 tahun yang lalu?

Jawabannya adalah masih sangat layak. Pasalnya, Honda Brio RS merupakan seri tertinggi untuk seri mobil ini.

BACA JUGA: Pilihan Oli Mobil Suzuki XL7 Zeta Terbaik Serta Spesifikasi Mesinnya

Selain itu, hampir semua teknologi sudah dimiliki oleh Honda Brio RS dan mampu berguna dan menjaga gengsi sebagai mobil terbaik di kelasnya.

Sistem kelistrikan yang lengkap juga membawa fungsi di bagian kemudi dengan fitur Electric Powersteering, Electric Trunk Opener, rem sistem ABS + EBD, Tweeter Speaker dan lain sebagainya.

Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima tentu dibutuhkan perawatan yang sangat maksimal. Dari melakukan pengecekan berkala, perawatan performa mesin yang juga ditunjang dengan oli yang berkualitas.

TOP 1 secara konsisten menghadirkan kualitas pelumas terbaik dengan berbagai teknologi unggul. Salah satu spesifikasi oli yang sangat cocok untuk Honda Brio RS adalah TOP 1 HP Sport SAE 0W-20 dengan tingkat kekentalan yang rendah.

Selain karena kualitas mesin terkini, paduan oli sintetik dari TOP 1 HP Sport mampu menunjang performa potensial dari Honda Brio RS di kegiatan sehari-hari.

Ingin langsung mencicipi kualitas pelumas pabrikan Amerika Serikat dari TOP 1?

Kunjungi bengkel-bengkel kesayangan kamu. Atau, beli langsung TOP 1 HP Sport via online di Tokopedia, dijamin asli kualitasnya dengan banyak promo menarik!

Rekomendasi untuk kamu: