Jumat, 6 Juli 2018

Ikuti 4 Tips irit bahan bakar ini! Simple dan dijamin aman untuk motor kamu

Kita pasti tahu dong, hampir semua produsen sepeda motor di indonesia berlomba-lomba untuk membuat motor yang diklaim paling irit. Bahkan ada beberapa jenis motor di Indonesia yang diklaim sangat irit bahan bakar hingga menempuh jarak lebih dari 100 km hanya menggunakan 1 liter BBM. Mungkin tidak ya semua motor bisa irit bahan bakar seperti itu?

Tenang, nih Oli TOP 1 akan kasih kamu tips irit bahan bakar untuk sepeda motor yang simple dan dijamin aman lho, catat ya!

Baca juga :

Makin Diminati, Berikut Ini Harga Toyota Rush terbaru 2018!

Tips irit bahan bakar No. 1 : Berkendaralah dengan sewajarnya

Misalnya, membatasi kecepatan tidak lebih dari 60-70 km/jam dan diikuti buka tutup gas yang diurut. Satu lagi, jika memungkinkan kurangi penggunaan rem belakang. Mengapa begitu? hal ini dikarenakan saat kamu menggunakan rem belakang, maka power yang tersalurkan ke roda akan menghambat, hal itu akan mereduksi power dan memberikan beban lebih pada mesin.

Tips irit bahan bakar No. 2 : Gunakan pelumas yang tepat

Ini nih salah satu tips irit bahan bakar yang penting buat kamu tahu. Tugas utama pelumas mesin adalah untuk mengurangi gesekan pada mesin, Nah Penggunakan pelumas yang berkualitas baik khususnya yang berbahan dasar oli sintetik akan dapat menjaga perfoma mesin tetap optimal.

Selain ini rutin mengganti pelumas secara berkala dan gunakan pelumas yang sesuai dengan tipe dan jenis kendaraan, misalnya untuk Honda Vario Tahun >2014 disarankan menggunakan pelumas matik dengan SAE 10W-40, seperti TOP 1 Evolution Matic 10W-40 atau TOP 1 Action Matic 10W-40.

Baca juga :

Inilah Deretan Mobil Paling Unik dan Aneh Yang Pernah Ada di Dunia!

Tips irit bahan bakar No. 3 : tekanan angin ban ideal juga dibutuhkan untuk membuat motor irit

Idealnya, tekanan ban depan 29 psi dan untuk ban belakangnya 33 psi. Kalau kurang dari itu area permukaan ban yang menapak dengan aspal jadi lebih besar. Ini membebani mesin saat memutar roda yang berimbas borosnya bahan bakar.

Tips irit bahan bakar No. 4 : Ternyata diameter pelek ban bisa ngaruh kepada tingkat konsumsi bahan bakar lho

Diameter pelek ban bisa berpengaruh juga ke konsumsi BBM lho. Pada umumnya motor matik di indonesia itu menggunakan ukuran diameter pelek ban dengan roda 14 inci hingga 17 inci. Pada sebuah hasil pengujian, motor matik dengan pelek 14 inci bisa berlari hingga jarak 37,5 km/liter. Sedangkan pelek 17 inci, hanya sanggup tempuh jarak 35,9 km/liter. Itu artinya, penggunaan diameter pelek lebih besar bikin konsumsi BBM matik lebih boros 1,6 km/liter.

Suka Artikel ini? Silahkan bagikan ke sosial media favorit kamu ya!

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters