Ini Penyebab Mobil Boros Bensin

Ini Penyebab Mobil Boros Bensin

Kendaraan yang sering digunakan bertahun-tahun menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan tiba-tiba meningkat. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya.

Produsen mobil saat ini berlomba-lomba memproduksi kendaraan yang hemat konsumsi bensin. Hal itu didukung oleh tolak ukur konsumen yang cenderung membeli mobil dengan pertimbangan hemat konsumsi bensin.

Kendaraan yang sering digunakan secara terus menerus bertahun-tahun menyebabkan konsumsi bahan bakar kendaraan tiba-tiba meningkat. Berikut ini beberapa faktor yang membuat masalah ini terjadi.

  1. Kotornya Filter Udara

 

Kotornya filter udara menyebabkan terjadinya hambatan aliran udara yang kurang baik. Hal ini dapat menurunkan performa mobil kamu terutama di bagian pacu dan menimbulkan gejala ngelitik (knocking).

  1. Ada Kerak di Ruang Mesin

Selain kebersihan filter udara, kamu juga harus mengcek kerak yang terjadi di ruang mesin yang sulit sekali untuk dihindari. Adanya kerak dapat membuat volume ruang bahan bakar menjadi lebih kecil sehingga tenaga mesin yang dihasilkan akan semakin berkurang.

  1. Tersumbatnya Lubang Nozzle Injektor

 

Lubang nozzle injektor yang ada saat ini dibuat sangat kecil sehingga mudah tersumbat. Sehingga pembakaran dari bensin menjadi tidak sempurna dan dapat mengurangi efisiensi bensin mobil kamu.

  1. Ausnya Piston dan Ring Piston

Bila piston dan ring piston terkikis maka kompresi kendaraan pasti berkurang. Sehingga berdampak langsung pada performa mesin yang akan menurun. Maka tarikan tenaga yang dihasilkan loyo dan bahan bakar menjadi cepat habis.

  1. Penggunaan oli yang kurang tepat

Memilih pelumas atau oli yang tepat selain menjaga daya tahan mesin kendaraan ternyata juga menghemat konsumsi bahan bakar anda.

mobil produksi 2010 ke atas sebaiknya menggunakan oli yang encer dengan ukuran kekentalan 5W30, sementara untuk mobil sebelum tahun 2010 sebaiknya menggunakan oli lebih kental dengan ukuran 10W40 atau 20W50. Keunggulan menggunakan oli yang lebih encer akan meringankan kinerja mesin dan hemat bahan bakar.

 

Baca Juga : Ini Dia Oli Motor Terbaik di Indonesia Yang Membuat Mesin Tetap Awet

Penggunaan oli yang tidak sesuai akan membuat ketahanan mesin menurun karena komponen yang bergesekan akan cepat panas dan rusak.

Untuk mobil-mobil keluaran terbaru, TOP1 HP Sport dapat menjadi pilihan oli yang tepat untuk mobil anda. TOP 1 HP Sport menggunakan 100% sintetik sebagai bahan dasarnya, sehingga sangat stabil dan lebih tahan pada temperatur tinggi. Hal inilah yang membuat TOP1 HP Sport memiliki masa pakai yang lebih lama dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan anda.

Selain itu oli mobil terbaik ini juga menunjang spesifikasi mobil keluaran terbaru dan mobil LCGC, karena TOP1 HP Sport telah melampaui standar pabrikan dan memenuhi standar tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Commitee (ILSAC) GF-5. Hal inilah yang membuat pelumas TOP1 mampu melindungi mesin hingga ke celah tersempit sekalipun dan mampu melindungi pada situasi jalanan tak menentu dan kemacetan.

Baca Juga : Oli Terbaik Untuk Motor Vario

TOP1 HP Sport juga hadir dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 95 ribu – Rp 99 ribu per liter, dengan segala keunggulan yang dimiliki dan harga yang terjangkau, inilah yang membuat TOP1 HP Sport menjadi pilihan oli mobil terbaik. Oli TOP1 HP Sport juga hadir dengan tingkat kekentalan yang beragam lho, mulai dari SAE 0W-20 dan 5W-30 yang cocok untuk mobil baru hingga 10W-40 dan 15W-40 yang bisa menjadi pilihan mobil lebih tua.

 

Baca Juga : 1 Liter Oli = 1 Kebaikan, Oli TOP1 Membangun Sekolah Paud di Nusa Tenggara Timur





 

 

© PT Topindo Atlas Asia 2024