Senin, 27 Agustus 2018

Istilah Anak Motor ini Harus Kamu Ketahui!

Dunia otomotif tidak hanya melulu tentang ganti oli motor maupun suku cadang yang baik seperti apa. Lebih dari itu, kamu perlu tahu beberapa hal lain.

 

Sebagai seseorang yang mencintai dunia otomotif, tentu, kamu akan menemukan banyak istilah yang dipakai oleh lingkungan sekitarmu. Apalagi, jika kamu seorang anak motor yang bergabung dalam komunitas. Biasanya, komunitas dan forum motor memiliki bahasa-bahasa tersendiri yang harus dimengerti diantara anggotanya.

 

Supaya kamu semakin dapat feel anak motornya, kamu perlu tahu bahasa-bahasa unik ini. Hal ini bisa jadi buat kamu makin asyik berkendara jika terlibat dalam obrolan dengan sesama pecinta motor. Apa saja istilah anak motor tersebut?

 

Kopdar

Kopdar merupakan sebuah singkatan dari “kopi darat.” Biasanya, istilah ini itu diartikan sebagai kegiatan kumpul sesama anggota komunitas, klub, maupun sebuah forum otomotif. Biasanya, kegiatan ini akan berisi untuk membahas kegiatan komunitas atau klub. Bisa juga diisi dengan perkenalan, diskusi-diskusi komunitas, atau hanya mengobrol saja.

 

Rolling

Anak komunitas ataupun klub, setelah selesai kopdar, akan melakukan rolling. Rolling sendiri merupakan kegiatan untuk mengelilingi suatu wilayah tertentu. Biasanya, wilayahnya tidak jauh hanya sekitar kota tersebut.

 

Sunmori

Nah kalau Sunmori ini istilah yang baru aja menjadi trend. Soalnya, banyak blogger maupun vlogger yang menggunakan istilah ini. Sunmori sendiri berarti “Sunday morning ride.” Seperti namanya, para bikers akan melakukan kegiatan berkendara motor miliknya, namun dilakukan pada hari Minggu pagi.

 

Sebagaimana anak motor yang berkecimpung di dunia komunitas, kamu akan melakukan touring bersama anggota lainnya. Istilahnya juga beragam:

  1. Tourjib, yaitu touring wajib. Seluruh anggota harus mengusahakan untuk ikut touring ini. Biasanya, tujuannya pun sangat jauh bahkan bisa lintas pulau.
  2. Tourgab, yaitu touring gabungan. Biasanya, kegiatan ini dilakukan beberapa komunitas sebagai perwakilan untuk menghadiri suatu acara di daerah-daerah.

 

Saat melakukan touring, biasanya kamu akan dibagi ke beberapa tugas untuk mengatur lancarnya rombongan komunitasmu. Tugas tersebut juga memiliki istilah dan tanggung jawabnya masing-masing.

 

Road Captain

 Road Captain memiliki tugas seperti ketua kelompok saat touring. Orang yang bertanggung jawab penuh terhadap lancar dan selamatnya para rombongan. Juga, bertanggung jawab atas urusan administrasi keamanan, seperti surat izin. Tugas Road Captain cukup genting, kamu diharuskan untuk memiliki problem solving yang cepat dalam mengambil keputusan.

 

Safety Officer

 Kalau kamu paham betul akan dinamika perjalanan, hafal jalan, dan seluk-beluknya. Kamu cocok menjadi seorang Safety Officer. Posisi ini bertugas untuk menjujkan arah yang benar. Selain itu, tugasnya untuk mengamankan jalan yang akan dilalui.

 

Foreder 

Sama seperti safety officer, Foreder juga memiliki tugas yang sama namun memiliki tanggung jawab yang lebih. Foreder biasanya harus berada di depan barisan sebagai pemimpin barisan. Selain itu, foreder harus bisa menyesuaikan kecepatan, mengatur formasi, memberitahu kondisi jalan dengan isyarat-isyarat gestur tubuh.

 

Baca juga: Pentingnya Mencuci Kendaraanmu

 

Sweeper

Agar jarak antar anggota tidak terlalu jauh dalam rombongan, perlu ada orang-orang yang mengingatkan hal ini. Tugas sweeper adalah mengawal barisan touring. Beberapa anggota juga harus dipilih mengemban tugas ini untuk mengamankan sebuah rombongan. Sweeper sering kali berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan. Sweeper juga bertugas untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari seorang Foreder.

 

Technical Officer

Melakukan perjalanan jauh harus paham risiko yang terjadi, misalnya ada masalah mesin yang pada motor rombongan. Padahal bengkel masih sangat jauh. Agar hal ini tidak terjadi, di sinilah peran technical officer. Tugas ini seringkali disebut sebagai payung dalam rombongan. Technical Officer bertugas untuk membawa perkakas perbengkelan. Biasanya, motor seorang technical officer dilengkapi dengan box untuk menyimpan perkakas-perkakas tersebut.

Itulah beberapa istilah yang perlu kamu ketahui jika ingin berkecimpung dalam komunitas motor.

 

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif extra smooth untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi dan kenyamanan dalam berkendara

 

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters