Senin, 27 Agustus 2018

Pentingnya Mencuci Kendaraanmu

Banyak hal dalam dunia otomotif yang harus diperhatikan secara seksama. Tidak boleh ada yang luput, seperti misalnya memberikan oli sintetik terbaik, ganti oli dan tune up rutin, dan sebagainya. Dari sekian banyak hal tersebut, mencuci kendaraan kadang menjadi hal yang luput dilakukan oleh para pengendara atas kendaraannya. Padahal, mencuci kendaraan termasuk hal yang juga harus dijadikan prioritas loh.

 

Terdengar sangat sepele, namun mencuci kendaraan itu sangat penting. Selain menjaga kebersihan, juga melindungi komponen. Pasalnya, kotoran-kotoran yang menumpuk akibat kendaraan yang kotor dapat merusak komponen yang rentan, shock breaker, saluran gas knalpot, dan hal lainnya.

 

Mencuci kendaraan juga perlu menyesuaikan beberapa faktor. Berikut hal yang perlu menjadi pertimbangan kamu:

 

  1. Rute berkendara

Jika kamu merasa bahwa rute berkendara kamu merupakan lingkungan yang penuh polusi, seperti misalnya jalur macet dan pabrik, maka kamu perlu setidaknya mencuci kendaraan sekali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan polusi tersebut dapat menempel di beberapa komponen kendaraan, baik sasis maupun mesin kendaraan.

 

  1. Kondisi cuaca

Baik panas maupun hujan, kendaraanmu perlu dicuci. Jika sering terpapar panas, kotoran dapat menempel dan susah untuk dibersihkan. Hujan juga akan mengakibatkan kendaraanmu menarik kotoran sehingga dapat menimbulkan korosi dan karat. Jadi, kamu harus lebih peduli dengan cuaca-cuaca tersebut, ya.

 

  1. Jarak berkendara

Ini juga hal yang paling penting dari dua hal di atas. Semakin jauh kendaraan sering dipakai, kotoran yang menempel pun semakin banyak. Jika kamu membiarkan kotoran ini, maka akan menumpuk dan semakin sulit untuk dibersihkan.

 

Tiga hal di atas bisa menjadi pertimbangan kamu untuk lebih sering mencuci kendaraan, ya. Hal ini semata-mata agar kendaraan selalu awet dan dapat memberikan performa terbaiknya.

 

Cermati Sampo atau Sabun Cuci Kendaraan

 

Tempat pencucian kendaraan, baik motor maupun mobil sekarang makin menjamur. Biasanya, banyak dari bengkel cuci motor telah memiliki standar sendiri akan sabun atau sampo sendiri. Namun jika kamu ingin mencuci kendaraan sendiri, mungkin itu akan lebih baik.

 

Sebelum cuci kendaraan sendiri, kamu perlu tahu pemilihan material sabun atau sampo untuk kendaraan tercintamu. Berikut 4 material yang perlu kamu perhatikan.

 

  1. Silikon

Jangan gunakan bahan yang mengandung silikon untuk mencuci kendaranmu. Kamu perlu cek dan ricek di kemasan, ya. Pasalnya, jika kamu sering menggunakan ini, warna kendaraanmu akan kusam dan pudar.

 

  1. Detergen

Memang agaknya susah mengindari kandungan detergen, namun sebisa mungkin pilihlan sampo tanpa mengandung bahan kimia ini. Detergen dapat merusak cat terutama pada mobil dan menghilangkan wax.

 

  1. PH

Pilih sampo yang menggunakan PH 7. Hal ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan baiknya dapat membuat kilap pada cat mobil.

 

Khusus untuk pengendara mobil, terutama saat musim hujan, kamu perlu melakukan perawatan khusus ketika mencuci. Jangan hanya terpaku pada bodi mobil saja, kamu juga perlu membersihkan bagian kolong mobil. Tentu, hal ini mencegah agar tidak adanya korosi ataupun karat. Untuk membersihkan ini, pergilah ke bengkel cuci mobil yang memiliki sistem lift hidrolis yang berbentuk X, ya. Hidrolis itu mempermudah dalam membersihkan kotoran yang menempel di kolong mobil.

 

Baca juga: Cara Membedakan Oli Palsu

 

Sebagaimana mobil, motor pun perlu dicuci jika sering terkena hujan. Air hujan, secara tidak sadar, dapat memudarkan cat motormu. Selain itu, komponen-komponen di rangka mesin juga kotor dan berdebu. Oleh karena itu, kamu harus rajin juga membersihkan motor ya.

 

Hujan bukan jadi alasan untuk tidak membersihkan kendaraanmu.

 

Gunakan Selalu Oli Top 1

 

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

 

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters