Rabu, 16 September 2020

Jarak dan Waktu yang Tepat Ganti Oli Motor Matic

Memilih oli merupakan hal yang sepele untuk beberapa orang, namun ada beberapa kebutuhan yang sangat penting ketika menentukan oli di kendaraan tertentu.

Selain tipe oli atau spesifikasinya, tentu jarak tempuh kendaraan juga menjadi acuan dasar waktu yang tepat untuk mengganti oli.

Motor matic menjadi salah satu moda transportasi paling banyak digunakan seiring perkembangan zaman.

Beberapa pabrikan motor matic mulai gencar memasarkan produk terbaiknya kepada masyarakat. Sebut saja lini motor matic dari Honda seperti BeAT, PCX, ADV atau Vario eSP.

Yamaha juga tidak mau kalah bersaing dengan seri motor matic 150 cc. Nama produk seperti Aerox, NMAX, XMAX, Lexi, hingga Mio tidak henti-hentinya mewarnai jalanan Ibu Kota, DKI Jakarta.

Banyaknya pengguna motor matic tentu membutuhkan informasi penting. Kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli di motor kesayangan kamu?

Waktu Ganti Oli Motor Matic

Banyak penggantian oli secara gegabah yang dilakukan oleh banyak pengendara. Mulai dari menggunakan oli bekas, acuh terhadap komposisi mesin, hingga menunggu oli mengering.

Cara-cara seperti ini sangat tidak direkomendasikan, apalagi oli merupakan komponen penting guna melapisi mesin kendaraan.

Waktu yang tepat sebenarnya bisa dilihat pada buku servis saat membeli motor. Ada baiknya mengganti oli motor matic di angka 4.000 km atau 3 bulan sekali.

BACA JUGA: Mengetahui Masa Kadaluarsa Minyak Rem dan Waktu Pemakaiannya

Anjuran bengkel-bengkel sendiri justru lebih cepat, yaitu sebanyak 2.000 km atau sebulan sekali.

Tolak ukur mengganti kendaraan melalui jarak tempuh merupakan salah satu cara kasar. Karena faktanya, pada saat berhenti pun oli mesin tetap bekerja penuh.

Spesifikasi Oli Motor Matic

Oli motor matic juga memiliki spesifikasi tersendiri guna menjaga kualitasnya tetap prima dan optimal. Motor matic di pabrikan masing-masing memiliki tingkat kekentalan, viskositas, dan suhu yang berbeda-beda.

Pada kasus pabrikan Honda, biasanya spesifikasi oli yang digunakan adalah 10W-30. Berbeda dengan Yamaha dan pabrikan serupa yang cenderung menggunakan spesifikasi 10W-40.

Ada juga tingkat API (American Petroleum Institute) yang menjelaskan kualitas oli, seperti SN, SJ, SL dan lain sebagainya.

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Lalu bagaimana memilih oli motor matic terbaik sesuai kebutuhan? Pastinya dengan menerapkan beberapa syarat sob!

Pada oli motor matic, biasanya akan ada kode oli penunjang seperti JASO MB. Biasanya kode oli satu ini diperuntukkan bagi motor mesin transmisi otomatis atau matic.

Berbeda dengan motor underbone atau transmisi manual baik dengan kopling atau tidak. Oli satu ini menggunakan formula khusus dengan kode oli JASO MA2.

Tentu menggunakan oli motor matic akan sangat penting karena memiliki formula khusus untuk motor matic.

Lalu apa pilihan oli untuk motor matic kesayanganmu?

TOP 1 ACTION MATIC merupakan oli terbaik untuk motor kesayangan kamu sob! Formula oli dari TOP 1 ini memiliki sertifikasi JASO MB untuk motor pabrikan Jepang dan transmisi otomatis.

Tidak lupa kandungan sintetik yang mampu menjaga kendaraan tetap prima dalam waktu yang lama.

Tingkat penguapan oli berbahan sintetik juga lebih lama, sehingga motor mampu digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Tunggu apalagi? Ganti oli motor matic kesayangan kamu dengan TOP 1 ACTION MATIC di bengkel-bengkel kesayangan sekarang!

Atau belajar ganti oli sendiri sob! Beli langsung di TOP 1 Store Tokopedia atau di Shopee, lebih mudah, cepat dan aman!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: