Mengetahui Masa Kadaluarsa Minyak Rem dan Waktu Pemakaiannya

Mengetahui Masa Kadaluarsa Minyak Rem dan Waktu Pemakaiannya

Minyak rem bisa kadaluarsa? Mungkin kata-kata ini baru terpikirkan oleh segelintir orang saja. Kenyataannya memang minyak rem memiliki kemungkinan untuk kadaluarsa.

Pada berbagai jenis rem seperti rem cakram, minyak rem memiliki fungsi untuk mendorong piston di master dan kaliper agar rem dapat bekerja optimal.

Biasanya para pemilik kendaraan akan menguras minyak rem dengan yang tersisa setelah pemakaian sebelumnya.

Bolehkah menggunakan minyak rem yang sudah terbuka?

Faktanya, minyak rem tidak memiliki waktu kadaluarsa karena merupakan formula yang dibuat dari base oil serta aditif khusus. Bila segel dan tutup masih lengkap, biasanya hanya aditif yang mengendap di bawah.

Caranya pun mudah, cukup mengocok botolnya saja maka minyak rem siap kembali digunakan. Tapi, bila bungkus minyak rem sudah terbuka, maka hal ini yang menjadi perhatian.

Sisa minyak rem yang ada di kemasan tidak boleh digunakan bila sudah terlalu lama disimpan. Karena kemasan yang terbuka sudah terkontaminasi dengan udara sekitar.

Bila terkena udara, maka titik didih minyak rem akan berkurang dan kinerja pengereman kendaraan tentu berkurang secara drastis.

Secara garis besar, minyak rem yang sudah dibuka akan memiliki masa pakai hanya sampai 6 bulan saja. Berbeda dengan kemasan yang masih tersegel rapat maka bisa digunakan dari 3 sampai 4 tahun.

Minyak rem yang bermasalah akan membuat rem blong serta menjadi unsur utama penyebab kecelakaan fatal.

BACA JUGA: 3 Perbedaan Oli Mesin Mobil dan Oli Diesel, Apa Saja Itu?

Fungsi dari minyak rem juga terjadi di bagian piston maupun kaliper rem. Perpindahan tekanan ini akan mendorong kampas rem untuk menjepit cakram dan memperlambat laju kendaraan.

Bila kamu menggunakan minyak rem, maka cek secara berkala cek kualitasnya. Warna keruh menandakan rem yang kurang baik, maka kuras total dan ganti dengan minyak rem kualitas baru.

Minyak rem yang kurang mendukung akan merusak sistem pengereman kendaraan. Tidak jarang sumber kecelakaan datang dari rem yang kurang pakem.

TOP 1 BRAKE FLUID bisa menjadi pilihan dengan spesifikasi DOT 3 atau 4. Titik didih minyak rem 270 derajat celsius. Perlindungan terhadap karat dan korosi serta teknologi label yang ketat dan kuat.

Manfaat dari minyak rem berkualitas akan memelihara sistem pengereman yang lebih baik dan sempurna.

Tunggu apalagi? Ganti minyak rem kendaraan kesayangan kamu dengan TOP 1 BRAKE FLUID sekarang!

Nikmati promo bebas ongkir, diskon hingga 30% serta produk yang terjamin asli!

© PT Topindo Atlas Asia 2024