Mengenal Transmisi Mobil Manual: Cara Penggunaan, Fungsi dan Keunggulannya

Mengenal Transmisi Mobil Manual: Cara Penggunaan, Fungsi dan Keunggulannya

Menggunakan mobil merupakan hal yang sangat praktis bagi sebagian orang. Meski kerap dihindari karena cukup menyulitkan bila menghadapi jalanan pagi yang macet.

Namun, nyatanya mobil masih menjadi impian bagi para orang, baik tipe keluarga, sporty, atau elegan.

Mobil sendiri memiliki komponen yang lebih banyak dibandingkan motor, tentu wajar melihat desiannya yang sangat besar.

Tentu dengan perawatan yang lebih memakan biaya, mobil harus menjadi perhatian lebih seperti cara merawatnya maupun cara mengemudikannya.

Untuk mengemudikan mobil biasanya pihak produsen memiliki dua versi, yaitu transmisi manual atau matic.

Tentu manual menjadi PR bagi beberapa pihak, lantas bagaimana cara menggunakan mobil transmisi manual? Yuk, simak langsung informasinya sob!

Pengertian Transmisi Mobil Manual

Transmisi manual sendiri memiliki pengartian sebagai tipe kendaraan bermotor dengan transmisi dengan kopling untuk mengoperasikan perpindahan torsi dan mesin menuju transmisi. Pemindah gigi yang dioperasikan dengan tangan atau kaki.

Pada transmisi mobil manual terdapat berbagai komponen yang bekerja membentuk mekanisme perbandingan gigi.

Selain itu ada mekanisme penghubung antara tuas persneling dengan transmisi.

Penggunaan transmisi mobil manual sendiri kurang diminati mengingat prosesnya yang sulit dibandingkan transmisi mobil otomatis/matic. Tapi beberapa orang lebih menyukai manual karena dapat memacu kendaraan sesuka hati.

Fungsi Transmisi Mobil Manual

Lantas, selain menggunakan perpindahan gigi yang lebih rumit. Apa saja fungsi dari transmisi mobl manual? Fungsi utamanya terletak pada perpindahan transmisi mesin dan torsi yang lebih bertenaga.

Secara garis besar sama saja, namun fungsi transmisi manual memang memiliki fungsi yang sedikit berbeda selain memacu tenaga kendaraan, antara lain:

1. Menyalurkan tenaga atau putaran tenaga kendaraan melalui mesin kopling untuk mengeluarkan tenaga lebih teratur dan sesuai porsinya.

2. Aliran tenaga yang terpusat pada poros propeler shaft atau pengoper transmisi sehingga memiliki jenjang yang lebih terperinci.

3. Mampu menggerakan kendaraan maju dan mundur dengan pedal langsung tanpa harus mengoper gigi untuk keperluan parkir maupun sekadar mundur lewat gigi R atau Reverse.

Tentu fungsinya memang berbeda, tapi faktanya tidak terlalu mencolok dengan kemampuan transmisi mobil otomatis atau matic. Semua tergantung pihak pengendara dan tentunya jenis mobil yang akan dibeli.

Cara Menggunakan Transmisi Mobil Manual

Satu hal yang utama sekaligus penting adalah cara menggerakan mobil dengan transimis manual.

Hal ini harus diperhatikan dengan seksama mengingat kesalahan fatal bisa saja terjadi bagi para pemula.

Untuk kamu yang ingin belajar atau paham mengenai transmisi mobil manual, yuk langsung saja simak informasinya. Berikut penjelasan secara lengkap dan mudah mengenai transmisi mobil manual:

1. Cara menggunakan transmisi mobil manual dimulai dengan kondisi Netral (N) yang berarti tidak ada tarikan mesin yang disalurkan ke torsi dan mesin.

2. Tuas transmisi ditekan untuk memindahkan gigi secara otomatis dan membuat perputaran transmisi dengan shift drum sehingga mengaitkan dorongan sampai kondisi gigi siap bergerak.

3. Gunakan gigi satu pada jalanan yang menanjak atau miring dan jangan mengandalkan rem parkir yang dikhawatirkan dapat membuat rem kurang responsif.

4. Saat posisi mobil berhenti jangan menahan tuas kopling. Pindahkan tuas transmisi ke Netral dan lepas injakan kaki pedal gas sambil menginjak pedal rem.

5. Hindari menahan kopling saat berkendara guna merawat kampas kopling. Saat mobil melaju dan gigi sudah berpacu, lepaskan kaki dari pedal kopling dan atur gas sesuai kecepatan yang dibutuhkan.

Nah, bagaimana? Sebenarnya tidak terlalu sulit bukan? Karena transmisi manual dari mobil memiliki angka yang mudah untuk dicerna juga hanya menyisakan N sebagai penanda Netral dan R sebagai Reverse.

Satu hal yang menjadi perhatian adalah pengoperan gigi atau transmisi yang cukup sulit dengan kombinasi kopling. Namun hal ini seharusnya tidak jadi sesuatu yang menyulitkan bila dilatih cukup sering.

Keunggulan Transmisi Mobil Manual

Meski memiliki pedal yang lebih banyak dibandingkan mobil matic atau transmisi otomatis, faktanya mobil manual tetap digemari banyak orang.

Tidak karena perubahan yang lebih sulit, melainkan gaya tarikannya yang lebih mudah diatur.

Beberapa segi atau transmisi mobil manual dapat kamu maksimalkan dengan penggunaan kopling. Lantas, apa saja keunggulan dari transmisi mobil manual? Berikut penjelasannya:

  • Tarikan mesin, dengan tuas kopling maka mobil dapat mengeluarkan kecepatan sesuai torsi dan mesin butuhkan sehingga membuat mobil lebih awet.
  • Melatih responsif pengendara, karena pedal yang cukup banyak akan melatih kecepatan kaki dan respon pengendara seiring menggunakan mobil dengan transmisi mobil manual.
  • Dengan mudah menggunakan mobil matic, karena sebaliknya bila pengendara mobil langsung belajar matic maka akan kesulitan dengan transmisi manual, namun hal ini tidak berlaku sebaliknya.
  • Gaya tarik yang beragam, mobil akan memiliki kebutuhan yang lebih menyesuaikan dengan percepatan gigi yang bervariasi, berbeda dengan transmisi mobil matic yang hanya ‘tinggal gas’ saat berkendara.

Banyak juga ya kelebihan transmisi mobil manual bagi mesin dan pengendara.

Memang sangat dianjurkan mengendarai mobil transmisi manual terlebih dahulu guan melatih respon pengendara dan mawas akan lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Mengenal Transmisi Mobil Matic: Cara Penggunaan, Fungsi dan Keunggulannya

Selain belajar mengendarai, sebagai pengguna mobil yang bertanggung jawab juga harus menjaga keamanan berkendara.

Beberapa caranya dengan mematuhi peraturan lalu lintas dan merawat mobil agar tidak menyulitkan saat berkendara.

Salah satu hal yang penting adalah oli transmisi! TOP 1 memiliki oli transmisi berkualitas dengan seri ATF yang terbukti ampuh menjaga tarikan komponen transmisi lebih halus dan terawat.

Beragam seri juga hadir untuk menyesuaikan kebutuhan mobil kesayangan kamu, seperti; MV, Lifetime, CVT dan Evolution MV. Oli transmisi akan menolong daya tarik kendaraan agar tetap optimal di segala medan.

Cek rutin mobil kesayangan kamu dengan oli transmisi dari TOP 1. Beli di bengkel-bengkel langganan kamu atau kunjungi TOP 1 Store di Tokopedia untuk pembelian secara online.

Dijamin kualitasnya, dijamin keasliannya dan terjaga performanya, tunggu apalagi? Beli oli TOP 1 sekarang!

© PT Topindo Atlas Asia 2024