Kamis, 26 Maret 2020

Mengenal Transmisi Mobil Matic: Cara Penggunaan, Fungsi dan Keunggulannya

Transmisi mobil matic memang berbeda jauh dengan manual. Bila pada mobil manual tingkat percepatan ditandai dengan nomor atau angka yang jelas, tapi matic diwakili dengan simbul huruf.

Fungsi dan Cara Menggunakan Transmisi Mobil Matic

Pada umumnya, transmisi atau tuas di mobil matic memiliki barisan angka dan huruf yang serupa seperti P-R-N-D-2/S-1/L.

Nah, penggunaan angka dan huruf tersebut merupakan pembeda yang sangat mencolok dan cukup mudah diingat. Pasalnya, setiap angka mewakili kalimat yang mencolok dan mengindikasikan ruas gerak kendaraan.

Beberapa contoh di tuas mobil adalah P atau Parking yang merupakan posisi parkir untuk tetap stabil.

Untuk mundur dapat menggunakan posisi R atau Reverse yang berfungsi untuk mundur dan menyesuaikan keinginan pengendara. Lalu ada N untuk Netral dan diikuti oleh D atau Drive untuk posisi berkendara dalam kecepatan terbaik.

D sendiri memiliki tarikan gerak yang dapat terukur sesuai keinginan sang pengendara. Namun ada beberapa kondisi di mana penggunaan gigi D harus dibatasi, seperti di saat menanjak.

Alangkah lebih baik menggunakan posisi gigi di 2/S (Second) untuk menanjak. Kenapa? Karena selain lebih stabil, posisi 2 juga membuat bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan menggunakan gigi D di saat menanjak.

Lalu yang terakhir dan tidak kalah penting adalah L atau Low. Pengguna mobil matic harus paham transmisi ini, seperti penggunaan L yang dikhususkan saat mobil melintasi turunan atau tanjakan curam.

BACA JUGA: Rekomendasi Oli Mobil Honda Civic Turbo 2020 yang Baik dan Manjakan Mesin

Karena 1/L sendiri merupakan trasmisi dengan kecepatan yang paling rendah di mobil matic, sehingga sangat aman untuk posisi turun baik yang standar maupun curam sekalipun.

Keunggulan Transmisi Mobil Matic

Tentu menggunakan mobil matic memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dibandingkan manual.

Banyak yang bisa kamu maksimalkan mengingat transmisi matic mampu memberikan keuntungan tersendiri, seperti:

  • Penggunaan yang mudah, karena komponen transmisi matic dapat memudahkan pengendara selama perjalanan.
  • Tidak terlalu rumit, mengingat transmisi mobil matic memiliki angka atau huruf yang mudah diingat tentang fungsinya.
  • Tidak capek berlebih, karena pengendara ditunjang kenyamanan untuk pengendara mengingat dua fungsi utama yang perlu dikendalikan yaitu pijakan gas dan rem.
  • Nyaman di tengah kemacetan, karena pengendara dapat dengan santai menunggu dan tidak menahan kopling agar mesin tetap menyala.

Banyak sekali perbedaan yang bisa kamu dapatkan dengan mobil matic.

Selain itu, kendaraan dengan transmisi mobil matic memang ditunjang untuk kenyamanan di segala medan.

Namun ada beberapa kekurangan yang kerap dirasakan, seperti harga dan komponen yang cenderung lebih mahal, borosnya bahan bakar dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, mobil matic butuh kekuatan ekstra di segi perawatan sehingga kamu tidak perlu keluar uang banyak bila mengalami kerusakan komponen di bagian transmisi. Bagaimana cara merawat transmisi mobil matic?

Ada banyak cara, salah satunya adalah menggunakan oli transmisi yang berkualitas. TOP 1 menawarkan kualitas oli transmisi otomatis terbaik dengan seri TOP 1 ATF.

Cairan transmisi multi-guna untuk transmisi ini memiliki campuran sintetis yang dibuat secara khusus.

Jadi tunggu apalagi? Rawat mobil matic kamu dengan oli berkualitas terbaik di kelasnya. Kunjungi secara langsung di bengkel kesayangan kamu atau beli secara online di Tokopedia, dijamin asli!

Rekomendasi untuk kamu: