Mengurangi Rasa Lelah Saat Berkendara di Bulan Puasa

Mengurangi Rasa Lelah Saat Berkendara di Bulan Puasa

Berkendara selama bulan puasa memerlukan sikap yang lebih hati-hati, khususnya pada saat pulang kantor. Hal ini, karena sebagian besar pengendara sedang dalam kondisi fisik kurang maksimal.

Keadaan perut yang kosong, karena berpuasa menyebabkan tubuh kurang bugar. Akibatnya, konsentrasi dan refleks pengendara akan berkurang. Kondisi fisik adalah salah satu faktor utama dalam safety driving.

Fisik lemah akan memengaruhi daya konsentrasi, kurangnya gerak refleks dan kemampuan mengendalikan kendaraan. Ketika jam pulang kantor yang berdekatan dengan waktu berbuka puasa, membuat kita ingin segera tiba di rumah untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Ditambah lagi, dengan kondisi lelah setelah seharian bekerja, sering membuat pengendara memacu kendaraannya secepat mungkin. Hal ini, tentunya berbahaya.

Konsentrasi pengemudi juga akan terpecah dengan timbulnya rasa kantuk. Karenanya, saat sahur jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat sebab bisa menyebabkan kantuk. Asupan yang harus diperbanyak, yakni protein dan cairan.

Banyak pengendara yang tidak tertib seperti tiba-tiba berhenti, atau tindakan ragu-ragu, antara mau berhenti dan jalan terus, menuntut kita ekstra waspada.

Kondisi cuaca yang panas juga akan membuat kita haus. Untungnya, teknologi kaca film V-KOOL bisa membuat kabin kendaraan Anda lebih sejuk dan nyaman walaupun di siang hari.

V-KOOL adalah kaca film yang bisa menolak sinar infra merah 96 persen dan juga sinar ultra violet 99 persen sehingga puasa Anda akan lancar meskipun berkendara di siang hari. Berkendara lebih nyaman karena kabin kendaraan lebih sejuk.

Pada hakekatnya melakukan aktivitas bekerja apalagi di Bulan Ramadhan merupakan ibadah. Hanya saja perlu dilakukan dengan persiapan yang baik, perhitungan dan tetap sabar serta terhindar dari emosi berlebihan.

Sumber: viva.co.id

© PT Topindo Atlas Asia 2024