Kamis, 6 Agustus 2020

Menilai Nissan Evalia, Pilihan Oli, Fitur dan Spesifikasi Lengkap

Mobil Nissan Evalia sendiri merupakan salah satu seri mobil MPV atau Mini Bus yang memiliki pasar tersendiri di Indonesia. Larisnya mobil tipe ini karena kebutuhannya yang bisa menyesuaikan sang pemilik kendaraan.

Seri mobil satu ini kerap digunakan untuk berdagang, menjadi alat logistik, atau jasa antar jemput anak sekolah.

Tentu kualitas mobilnya tidak perlu diragukan karena dipilih dan disesuaikan langsung oleh PT Nissan Motor Indonesia guna memenuhi tugasnya sebagai Mini Bus.

Nissan Evalia sendiri dirilis resmi di Indonesia pada tahun 2012. Segmen MPV yang terus berkembang membuat porsi pasar kian beragam.

Mobil satu ini juga memiliki berbagai pesaing dari pabrikan Jepang lainnya seperti Daihatsu Luxio.

Lantas, apa saja kelebihan, cara merawat, pilihan oli yang tepat serta spesifikasi mobil Nissan Evalia satu ini? Yuk, simak informasi selengkapnya sob!

Eksterior Mobil Nissan Evalia

Penilaian mobil berawal dari bagian depan atau parasnya. Nissan Evalia sendiri mencirikan mobil MPV dengan desain yang simpel dan modern.

Bentuk headlamp yang heksagonal serta mengikuti garis arus hingga ke bodi belakang menjadi ciri khas pertama Nissan Evalia. Lalu Nissan juga membawa grill dan bumper hitam di depan ditambah logo Nissan.

Lampu yang dibawa juga tidak terlalu unik, namun memiliki jarak jangkauan yang cukup luas. Beralih ke bodi samping, MPV satu ini membawa aura yang sangat berbeda.

Garis hitam di bagian samping menjadi indikasi pintu geser yang kerap disematkan di tipe mobil satu ini.

Bagian bodi belakang untuk Evalia lebih mengedepankan tubuh yang berisi dan modern. Tidak ada desain yang mencolok selain stoplamp yang khas dengan garis membentuk huruf L.

Finishing lengkap di bagian luar dengan antena, grill, aspek chrome, lampu, serta pelindung kaki juga tersedia di Nissan Evalia.

Desain yang cukup unik, namun bagaimana dengan sisi interiornya?

Interior Mobil Nissan Evalia

Seperti mobil MPV pada umumnya, luas dan bangku menjadi nilai jual segmentasi pasar satu ini. Ada setidaknya 7 orang yang mampu ditampung di dalam dengan formasi 2 depan, 3 tengah, dan 2 belakang.

Untuk ornamen sendiri Evalia membawa warna yang cukup cerah untuk ruang kabinnya yang luas. Sisi dasbor kemudi juga memiliki garis perak diwarnai dengan warna pastel krema.

Tuas persneling berada di bagian tengah pengendara guna pengalaman sistem kemudi yang lebih nyaman. Motor ini juga memiliki indikator yang lengkap dengan teknologi LED di sisi speedometer.

AC dan monitor LCD siap memberikan kenyamanan di sisi penumpang guna memberikan pengalaman berkendara yang unik. Ada cup holder dan sandaran siku yang dapat dinaik-turunkan sesuai kebutuhan.

Armrest unik ini juga ditambah jok Evalia yang empuk dan nyaman. Sebagai mobil Mini Bus atau MPV tentu Nissan memberikan kualitas terbaik bagi para pemiliknya.

Interior dan desain yang berkualitas akan semakin sempurna dengan mesinnya. Bagaimana di sektor dapur pacu Nissan Evalia?

Mesin Mobil Nissan Evalia

Untuk bagian mesin Nissan Evalia membawa jenis DOHC 4 silinder dengan 16 katup berteknologi Dual CVTC yang memberikan tenaga maksimal dan efisien.

Penempatan posisi serta sektor mesin bagian depan terbukti ampuh menjaga panas suhu kendaraan. Luas mesin yang tersedia juga memberikan alur udara agar tetap memiliki sirkulasi.

Selain itu spesifikasi mesin Nissan Evalia juga sudah diperkuat oleh teknologi Electronic Power Steering (EPS) sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara.

BACA JUGA: 7 Masalah yang Terjadi Pada Rem Mobil dan Penyebabnya

Transmisi sendiri terbagi ke dua tipe yaitu manual dengan 4 percepatan dan otomatis. Penggerak roda depan juga tersedia untuk tipe Nissan Evalia di transmisi otomatis, sob!

Bagian fitur sendiri Nissan Evalia membawa fitur Airbags sebagai fitur keselamatan. Ada juga seatbelt, 1DIN Audio, serta speaker yang memanjakan para penggunanya.

Mesin yang menopang fitur kendaraan sudah dilengkapi Keyless Entry dan Parking Sensor. Tentu fitur ini membuat penggunaan mesin lebih baik dan awet di jangka penggunaan yang lama.

Untuk harga Nissan Evalia dibanderol di kisaran Rp 204 juta sampai Rp 221 juta tergantung tipe-tipe transmisi dan fitur yang tersedia.

Sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut berikut spesifikasi lengkap Nissan Evalia, sob!

Spesifikasi Mobil Nissan Evalia

  • - Mesin: 4 Silinder DOHC 16 Valve Dual CVTC
  • - Kapasitas Mesin: 1498 cc / 1500 cc
  • - Daya Maksimum: 109 Ps / 5600 rpm
  • - Torsi Maksimum: 14,6 Nm / 4000 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 55 Liter
  • - Tipe Kopling: -
  • - Tipe Transmisi: Manual / 4 Percepatan & Otomatis / 4 Percepatan
  • - Warna Nissan Evalia: Black Solid, Dark Red Metallic, Blue Green Metallic, Silver Metallic, White Solid

Oli Mobil Nissan Evalia

Ada beberapa ketentuan yang menyesuaikan buku manual kendaraan pada saat pertama beli.

Untuk spesifikasi, Nissan Evalia dapat menggunakan dua tipe yaitu 5W-30 atau 10W-40 dengan kapasitas oli kurang lebih 3,5 - 4 liter. Ketentuan ini bisa disesuaikan dengan jalan dan kondisi serta iklim setempat.

Selain itu oli yang digunakan harus berkualitas akan bagian mesin tidak mengalami penurunan performa. Jadi, ganti oli secara rutin dan tentunya menggunakan pelumas berkualitas!

TOP 1 ZENZATION 5W-30 mampu menjaga kondisi mesin lebih awet dan tahan lama! Dilengkapi kadar sintetis yang tinggi dan didukung teknologi Ester Fortified yang menempel ke lapisan mesin lebih lama!

Jangan tunda-tunda, ganti oli kamu dengan TOP 1 ZENZATION di bengkel atau toko kesayangan, ya!

Atau beli online di TOP 1 Store Tokopedia di sini! Ada banyak promo menarik, diskon hingga 30% dan kualitas produk dijamin asli!

Tunggu apalagi? Beralih ke TOP 1 sekarang!

Rekomendasi untuk kamu: