Motor Jarang Dipakai? Ini Waktu Terbaik Ganti Oli Kamu

Motor Jarang Dipakai? Ini Waktu Terbaik Ganti Oli Kamu

Sewajarnya setiap motor haruslah diganti secara berkala, beberapa orang memilih untuk mengganti oli mesin motornya dengan menghitung jarak tempuh atau lamanya pemakaian. Lalu bagaimana jika anda memiliki motor yang sudah jarang digunakan? Kapan waktu terbaik untuk untuk ganti oli motor?

Motor yang jarang sekali dipakai pastinya masih harus tetap memperhatikan kondisi oli sehingga tetap harus diganti walaupun motor Anda jarang dipakai. Tidak bisa dipungkiri apabila penggantian oli pada sebuah kendaraan merupakan sesuatu hal yang sangat wajib dikarenakan oli menjadi sebuah instrumen kendaraan yang sangat penting untuk diperhatikan.

Bagi manusia, oli mirip dengan darah bagi kendaraan oleh karena itu oli yang sudah kotor maka wajib diganti. Akan tetapi, bagi Anda yang memang jarang menggunakan motor waktu yang tepat dalam penggantian oli berbeda dengan motor yang sering dipakai.

Baca Juga : Oli TOP1 HP Sport 0W-20, Oli Sintetik Terbaik Untuk Honda Brio & Mobil LCGC

Mengganti oli secara berkala dan teratur, membuat mesin jadi lebih awet. Dari berbagai sumber disebutkan mengganti oli setiap motor menempuh jarak 3.000 - 4.000 km, maka jarak tersebut memang diperuntukkan bagi kendaraan yang sering digunakan.

Seperti dijelaskan oleh Dodit selaku Product Development and Technical Support oli TOP1 Indonesia, ternyata waktu penggantian oli baik bagi kendaraan yang jarang digunakan maupun yang sering digunakan maka hukumnya wajib melakukan penggantian oli secara rutin walaupun motor jarang dipakai atau belum menempuh jarak minimal 2500 km.

"Jadi acuan waktu terbaik untuk melakukan pergantian oli bagi motor yang jarang digunakan bisa dengan cara menghitung usia pakai oli, biasanya antara 6 sampai 12 bulan adalah waktu yang terbaik" Ujar Dodit.

Baca Juga : Spesifikasi Helm SNI yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu, untuk menjaga kinerja mesin motor anda tetap optimal, ada baiknya anda selalu menggunakan oli Full Sintetik terbaik untuk motor anda, seperti oli TOP1 Evolution Series. oli TOP1 Evolution Series  adalah oli berbahan dasar 100% full sintetik yang dirancang untuk memenuhi spesifikasi sepeda motor keluaran terbaru

Oli TOP1 Evolution Series dengan aditif EXTRA SMOOTH memberi pengalaman berkendara yang halus dan jelas lebih baik dibandingkan dengan oli non-synthetic biasa, karena memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi serta melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat.

© PT Topindo Atlas Asia 2024