Rabu, 21 Oktober 2020

Pengertian Oli Mesin, Waktu Penggantian dan Masa Kadaluarsa

Oli merupakan salah satu komponen paling penting dalam tetap menjaga kesehatan suatu mesin. Karena memiliki peran penting dalam melumasi mesin. 

Seluruh jenis oli sejatinya memiliki fungsi yang sama, yaitu bertujuan agar mesin dapat berjalan mulus tanpa ada hambatan, serta dijadikan sebagai pendingin dan penyekat.

Apa Itu Oli atau Pelumas Mesin?

Oli atau minyak pelumas mesin merupakan suatu zat kimia berupa cairan yang digunakan untuk dua benda yang bergerak guna mengurangi gaya gesek. 

Dengan begitu, oli atau pelumas sangatlah berfungsi sebagai pelapis pelindung yang mencegah terjadinya benturan antara logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin.

Serta, oli dapat mencegah goresan serta keausan. Pada umumnya, oli terdiri dari 90% minyak dasar dan 10% zat tambahan. Oli atau minyak pelumas mesin ini memiliki berbagai macam jenis, di antaranya:

1. Oli Mineral

Jenis satu ini adalah oli berbahan dasar atau base oil dari minyak bumi, yang kemudian diolah dan ditambahkan zat aditif guna meningkatkan kemampuan beserta fungsinya.

2. Oli Sintetis Campuran

Untuk jenis yaitu oli yang biasanya terdiri dari Polyalphaolifins melalui pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Setelah itu, senyawa tersebut dicampurkan dengan oli mineral.

Itulah alasan mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral, begitu pun sebaliknya. Oli sintetis campuran ini cenderung mengandung bahan karbon reaktif. Oli ini juga dirancang guna menghasilkan kinerja yang lebih efektif lagi dibandingkan oli mineral.

3. Oli Full Sintetis

Tipe atau jenis oli satu ini serupa dengan sintetis campuran namun menggunakan bahan dasar oli yang full dari gabungan formula serta aditif khusus guna menjaga kinerja oli lebih baik di berbagai kondisi.

Oli tipe ini juga biasanya lebih mahal karena lebih tahan terhadap penguapan, aus, serta korosi kendaraan.

Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli

Mau itu sepeda motor ataupun mobil. Sangat perlu dilakukan perawatan setiap waktunya, salah satu perawatan termudah yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengganti oli agar proses pelumasan pada mesin tetap maksimal.

Bahkan sangat disarankan seandainya motor atau mobil kalian jarang digunakan, biasakanlah untuk mengganti oli dengan menggunakan hitungan waktu, bukan berdasar jarak tempuh lagi. 

BACA JUGA: Pengertian Lengkap dan Arti Kode SAE di Oli Mesin

Jika kendaraan jarang digunakan, ada baiknya setiap 2 bulan atau 4 bulan sekali diganti (tergantung kendaraannya, mobil atau motor), meskipun tidak mencapai batas patokan jarak tempuh yang ditetapkan oleh pabrikan.

Seandainya kendaraan tidak bergerak, justru malah membuat oli mesin jadi mengendap, sebaiknya oli harus rutin bersirkulasi di dalam mesin. Maka dari itu, sebaiknya jika tidak digunakan, kendaraan harus dipanasi setiap hari sekali.

Apa Oli Bisa Kadaluarsa?

Menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan tersebut, Plant and Operation Director MPL Lubricants, Ari Sutanto, menjelaskan bahwa pelumas mesin yang kemasannya tidak pernah dibuka, memiliki umur yang lebih panjang. Akan tetapi, perlu disimpan pada tempat yang tak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Kenapa? Karena sinar matahari dapat menyebabkan oli menguap, sehingga timbullah udara yang membuatnya teroksidasi.

Sebaiknya, kalian menggunakan oli yang berumur maksimal dua tahun sejak diproduksi. Guna mengetahui waktu produksi oli, setiap pabrikan bakal mencantumkan tanggal produksi tersebut tepat di bagian bawah kemasan. 

BACA JUGA: 4 Gejala Injektor Mobil Rusak dan Penyebabnya

Selain kode oli, tanggal kadarluasa juga bisa dijadikan sebagai patokan ketika hendak membeli oli.

Jadi jangan sampai telat mengganti oli mesin karena banyak efek yang bisa dihasilkan hingga yang terburuk yaitu turun mesin karena gesekan yang terus terjadi di komponen kendaraan.

Oli mesin yang baik untuk kendaraan juga diperlukan sob! Biar mesin kendaraan kesayangan kamu memiliki performa kendaraan yang mulus dan mampu berkendara lebih optimal dibandingkan sebelumnya.

Pelumas mesin TOP 1 memiliki formula khusus yang menjaga mesin kendaraan tetap stabil, tidak lupa kandungan atau bahan oli sintetis yang tinggi.

Ada juga fungsinya dalam membersihkan mesin dari kotoran sehingga tarikan kendaraan kesayangan kamu jadi lebih mulus!

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli kendaraan kamu di bengkel kesayangan dengan produk TOP 1 sob!

Atau mau ganti oli sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: