Selasa, 27 Oktober 2020

Penjelasan dan Pengertian Kode di Oli Mesin Motor Matic

Merawat motor matic agar tetap dalam performa terbaik tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan memilih oli yang tepat, sesuai dengan motor matic kalian.

Motor Matic yang digunakan untuk sehari-hari, lebih baik menggunakan oli yang memiliki tingkat kekentalan menengah, berarti tidak terlalu encer serta tidak terlalu kental pula.

Beberapa orang mengatakan bahwa oli motor matic yang terlalu encer, pasti akan lebih mudah menguap. Sedangkan oli mesin yang terlalu kental, malah bisa bikin tarikan mesin jadi lebih berat.

Maka dari itu, untuk mengetahui mana oli yang tepat untuk motor matic yang digunakan, kalian perlu mengetahui beberapa kode olinya terlebih dahulu.

Fungsi Oli Mesin di Motor Matic

Semua jenis oli pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai bahan pelumas agar mesin dapat berjalan dengan mulus tanpa hambatan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat.

Oli mengandung lapisan-lapisan halus, guna mencegah terjadinya benturan antara logam dengan logam komponen mesin agar seminimal mungkin, mencegah keausan atau goresan.

Kode Oli Motor Matic

Sebelum membeli oli, ada beberapa kode oli motor matic yang perlu kalian ketahui. Ada dua kode pada oli mesin yang harus dipahami, yaitu SAE (Society of Automotive Engineers) dan API (American Petroleum Institute).

Kode SAE menandai tingkat kekentalan oli, serta kemampuan dalam menjaga stabilitas kekentalan tersebut terhadap pengaruh suhu mesin maupun lingkungan. 

Di lingkungan yang memiliki suhu dingin, biasanya ada tambahan “W” sebagai winter pada kodenya, contoh SAE 10W-40.

BACA JUGA: Rekomendasi Pelumas Rantai Motor Terbaik, Bersih Secara Menyeluruh!

Sedangkan API, merupakan kode sertifikasi terhadap kualitas oli dengan status standarisasi global. API sendiri mempunyai kode yang berbeda pada mesin bensin serta diesel. 

Biasanya, yang tertera pada mesin bensin dimulai dengan huruf S, SA, SB, SC, SD, SE dan SF. Sementara pada mesin diesel ada huruf C, CA, CB, CC dan CD.

Agar memudahkan kalian dalam mencari oli yang tepat, kami akan bagikan beberapa oli terbaik untuk motor matic.

Waktu yang Tepat Ganti Oli Mesin

Banyak montir atau ahli di bengkel menyarankan mengganti oli mesin setiap dua kali mengganti oli gardan atau skala 2:1. Atau, setidaknya mencapai 5.000 km dalam jarak tempuh kendaraan di motor matic

Jangan sampai telat mengganti oli mesin karena banyak efek yang bisa disebabkan, yang terburuk adalah turun mesin karena gesekan yang terus berlaku di komponen kendaraan.

BACA JUGA: 4 Oli Motor Terbaik yang Siap Tingkatkan Performa Kendaraan

Oli mesin yang baik untuk motor matic juga diperlukan sob! Biar mesin motor matic kesayangan kamu memiliki performa kendaraan yang mulus dan mampu berkendara lebih optimal dibandingkan sebelumnya.

TOP 1 ACTION MATIC memiliki formula khusus yang menjaga mesin kendaraan tetap stabil, tidak lupa kandungan atau bahan oli sintetis yang tinggi.

Ada juga fungsinya dalam membersihkan mesin dari kotoran sehingga tarikan motor matic kesayangan kamu jadi lebih mulus!

Tunggu apalagi? Ganti langsung oli motor matic kamu dengan TOP 1 ACTION MATIC di bengkel kesayangan dengan produk terbaik sob!

Atau mau ganti sendiri? Bisa kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang! 

Banyak promo menarik, diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga keaslian produk terjamin! 

Sudah beralih ke TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: