Jumat, 3 Januari 2020

Penting nih! Cara Memilih Ban Mobil khusus untuk Musim Hujan

 

Musim penghujan telah tiba, karena itu memilih ban mobil yang sesuai untuk musim hujan tidak bisa asal-asalan. Yuk simak tips memilih ban mobil yang cocok untuk musim hujan berikut ini

Kecelakaan saat musim penghujan datang memang kerap kali terjadi dikarenakan ban yang slip/kondisi ban yang sudah jelek. Maka dari itu penting untuk kamu ketahui cara memilih ban yang sesuai untuk musim hujan.

Mungkin banyak pengendara mobil yang belum mengetahui istilah “Aquaplaning”. Aquaplaning adalah kondisi mobil tergelincir serta meluncur hilang kendali akibat melewati genangan air di atas jalan karena ban kehilangan traksi sehingga mobil seakan-akan melayang.

 

Baca Juga : Ini Penyebab Mobil Boros Bensin

 

Nah kebanyakan mobil saat ini menggunakan ban “all condition” yang dapat bekerja pada jalanan basah di musim penghujan ataupun jalanan kering di musim panas sekalipun.

Namun pada beberapa kondisi jalanan basah dan berlubang, ban “all condition” ternyata juga bisa bekerja tidak maksimal lho. Untuk kinerja ban mobil yang benar benar maksimal saat musim penghujan anda bisa mencoba “wet-tire” yang memilik banyak alur sehingga mampu melintasi genangan air dengan baik, dan air tidak terjebak ditengah ban.

Banyaknya alur pada ban berguna untuk menghindari efek aquaplaning. Secara otomatis ban akan membuang air keluar melalui alur, sehingga meminimalisir terjadinya slip dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara di musim hujan.

Ban jenis “wet-tire” bisa kamu temukan dengan mudah kok ditoko-toko ban terdekat, harganya pun bervariasi, tinggal kamu sesuaikan dengan isi kantong anda.

 

Baca Juga : Memilih Oli Mobil Terbaik Harus Perhatikan Dulu Dua Hal Ini

Rekomendasi untuk kamu: