Senin, 22 Juni 2020

Pilihan Oli Terbaik Hyundai Grand Avega, Rawat Mesin Menyeluruh!

Memiliki mobil merupakan impian hampir semua orang. Selain karena dinilai prestisius, mobil bisa berfungsi lain selain menjadi alat transportasi.

Bila Jepang kerap menjadi kiblat otomotif di Indonesia, Korea Selatan tidak ketinggalan dengan merek Hyundai.

Mobil Hyundai Grand Avega merupakan salah satu kendaraan yang menjadi produk unggulan dari pabrikan otomotif asal Korea tersebut.

Pesaing mobil ini merupakan tipe-tipe mobil modern di kalangan anak muda, seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Ford Fiesta, Chevrolet Aveo, Mazda 2 Zoom, dan Suzuki Swift. Lantas, bagaimana performa mobil ini dibandingkan para pesaingnya?

Mampukah kelebihan dari Hyundai Grand Avega menjadi pengecualian bagi kamu yang ingin meminang mobil pabrikan Korea Selatan ini? Yuk, simak informasi selengkapnya.

Eksterior Mobil Hyundai Grand Avega

Hyundai Grand Avega sendiri merupakan penerus dari Hyundai Avega yang rilis sejak tahun 2008. Wujud dari mobil sedan diubah sedemikian rupa dengan nuansa hatchback yang cukup menarik minat para pencinta mobil.

Desainnya yang berubah drastis tentu menjadi sorotan, ditambah desain yang elegan dan sporty yang diusung di mobil Hyundai Grand Avega.

Bagian depan mobil satu ini memiliki garis minimalis dengan nuansa kalem dan tegas.

Gaya yang metropolitan dan tidak kaku membuat para pengendaranya mampu percaya diri di berbagai situasi.

Elegan dan sporty, dua tipe desain yang menjadi daya tarik di Hyundai Avega dapat terlihat di sisi depan. Garis tegas pemisah logo Hyundai dan bumper mampu memanjakan mata.

Lampu jarak jauh yang menggunakan bohlam halogen juga mampu menyinari jalan dengan sangat baik.

Ditambah lampu sein di bagian bawah yang menjadi penanda bagi para pengentara yang kerap melintas.

Gaya pemisah antara lampu menjadi perhatian tersendiri, bukan tidak mungkin Hyundai Grand Avega menyalip pamor para pesaingnya dengan desain eksterior futuristik.

Pada bagian belakang sepasan lampu rem cukup terpampang jelas dengan desain memanjang ke atas atau vertikal. Gaya hatchback juga ditunjang secara sempurna dengan desain yang diterapkan oleh Hyundai.

Interior Mobil Hyundai Grand Avega

Setelah puas dengan eksterior, tentu desain interior mobil Hyundai Grand Avega rupanya tidak kalah memuaskan. Gaya yang sangat modern menjadi ciri khas tersendiri.

Aksen serba hitam dihiasi dengan gradien perak di berbagai lini komponen membuat kesan elegan juga ditampilkan oleh para pengendara dan penumpang. Pada teknologi di bagian dasbor, Hyundai tidak setengah-setengah memberikan kelebihannya.

Ada fitur pengaturan AC melalui knob putar, heater dan mode blower. Pada head unit juga sudah menggunakan teknologi layar sentuh.

Tidak lupa tombol tambahan untuk pengaturan audio serta konektivitas di bagian setir utama.

Keamanan? Tenang, Hyundai tidak lupa memberikan dua Air Bags bagi kamu agar aman dari kondisi yang tidak diinginkan. Rem ABS juga sudah tersedia dan mampu menjaga Avega dari berbagai kondisi jalan yang berbeda-beda.

Ruang kabin juga tersedia di baris belakang, serta ruang kaki yang cukup legah untuk bersandar dan melepas lelah ketika berkendara. Di setiap row atau baris kursi tersedia cup holder dan tidak lupa doortrim di bagian dinding pintu.

Dari posisi pengemudi, gaya berkendara di mobil Hyundai Grand Avega juga cukup ergonomis dan nyaman berkat jok berteknologi semi-bucket dan tilt steering.

Lelah? Ada armrest yang siap membantu kamu menahan pegalnya menyetir di tengah padatnya perjalanan.

Interior dan eksterior yang bagus tentu akan semakin sempurna bila ditunjang kekuatan mesin yang pas sesuai fungsinya.

Awet dan bandel merupakan dua hal yang diimpikan banyak pengguna kendaraan, apakah Hyundai Grand Avega memilikinya?

Mesin Mobil Hyundai Grand Avega

Pada bagian mesin Hyundai Grand Avega dibekali dengan GAMMA CVVT DOHC berkapasitas 1400 cc di seri hingga tahun 2013. Untuk seri setelahnya digantikan dengan KAPPA Dual CVVT DOHC berkapasitas 1400 cc.

Mesin GAMMA sendiri mampu mengeluarkan kekuatan tarikan hingga sebesar 108 Ps pada putaran mesin di angka 6300 rpm.

Sedangkan KAPPA memiliki performa yang meningkat yaitu di kisaran angka 100 Ps di putaran mesin 6000 rpm. Tentu kecepatan ini dibagi ke beberapa transmisi, seperti manual di 5 percepatan dan otomatis di 4 percepatan.

BACA JUGA: Pilihan Oli Gardan Mitsubishi Triton dan Waktu Ganti yang Tepat

Seri pabrikan Hyundai Grand Avega di atas produksi 2014 sudah memiliki transmisi manual di 6 percepatan serta yang otomatis menggunakan teknologi CVT. Mesin GAMMA sendiri diganti karena daya tarik jarak jauhnya.

Namun, di kondisi jalan yang padat biasanya kecepatan awal lebih diminati untuk tarikan yang konstan dan terdapat di mesin KAPPA. Hyundai menggantinya untuk memanfaatkan fungsinya sebagai mobil jarak dekat.

Mesin yang digunakan juga terbukti lebih irit. Pada jarak dalam kota kamu bisa menghabiskan 10 - 12 km di setiap liternya.

Tapi, alangkah baiknya menggunakan RON bensin yang sedikit tinggi, karena penggunaan Premium dapat menyebabkan knocking.

Kisaran harga Hyundai Grand Avega di tahun 2020 sendiri bisa dibilang lebih murah dibandingkan para kompetitornya, antara lain berkisar di Rp 120 - 145 juta.

Untuk informasi spesifikasi bisa kamu simak lebih lengkap di bawah ini.

Spesifikasi Mobil Hyundai Grand Avega

  • - Mesin: 1.4L GAMMA CVVT DOHC (2013) / 1,4L KAPPA Dual CVVT DOHC (2014 ke atas)
  • - Kapasitas Mesin: 1400 cc
  • - Daya Maksimum: 108 Ps / 6300 rpm (GAMMA), 100 Ps / 6000 rpm (KAPPA)
  • - Torsi Maksimum: 136 Nm / 5000 rpm (GAMMA), 133 Nm / 4000 rpm (KAPPA)
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin 
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 43 Liter
  • - Tipe Kopling: -
  • - Tipe Transmisi: 5 Percepatan Manual dan Otomatis (2013) / 6 Percepatan Manual dan Otomatis (2014 ke atas)
  • - Warna Hyundai Grand Avega: Carbon Gray, Sleek Silver, Crystal White, Phantom Black, Clean Blue, Volester Red, Orange Vitamin C

Oli Mobil Hyundai Grand Avega

Perawatan dengan oli mesin bukan hal yang sepele dan perlu perhatian lebih. Hyundai Grand Avega perlu oli yang memiliki beragam spesifikasi yang disarankan sesuai dengan buku manual saat pembelian.

Hyundai Grand Avega bisa menggunakan dua tipe oli yaitu 10W-30 dan 10W-40 tergantung kebutuhan dan kondisi di lapangan.

Dianjurkan tidak memilih oli yang kental layaknya 20W-50 karena dapat merusak putaran komponen mesin.

Untuk tangki penampungan oli mesin, Hyundai Grand Avega mampu menampung hingga 3,5 liter.

TOP 1 ZENZATION 10W-30 mampu membuat gerakan kendaraan semakin enteng dan terawat. Teknologi Ester Fortified mampu menjaga lapisan komponen lebih lama dan tidak lupa kadar sintetis yang baik untuk mesin.

Tunggu apalagi? Ganti oli Hyundai Grand Avega kamu dengan oli TOP 1 ZENZATION di bengkel atau toko-toko kesayangan, sob!

Atau, beli di toko online resmi TOP 1 di Tokopedia sekarang!

Rasakan diskon hingga 30%, promo gratis ongkir, dan keaslian produk yang terjamin! Transaksi lebih mudah, cepat, dan aman!

Rekomendasi untuk kamu: