Sabtu, 12 Oktober 2019

Rekomendasi Busi Terbaik Untuk Honda dan Cara Merawatnya

Dalam mesin kendaraan bermotor, tentunya busi merupakan salah satu komponen terpenting dalam mesin yang sistem kerjanya sangat dibutuhkan.

Pasalnya, fungsinya sendiri sebagai pemantik api pada ruang bakar kendaraan untuk menghidupkan mesin. Maka dari itu, tak heran jika busi adalah salah satu bagian yang tak bisa dihiraukan begitu saja mengingat bagian dari proses pengapian.

Baca Juga : Cara Memilih Oli Mesin Motor Matic Terbaik, Perhatikan Kode Ini

 

Meski hadir sebagai komponen yang vital pada mesin. Tapi perawatan busi terbilang minim dan mudah. Yang penting harus telaten. Termasuk pada Motor Honda, seperti Honda BeAT

"Salah satunya, cukup diperiksa setiap servis berkala di 4.000 km dan diganti tiap servis jarak 8.000 km," buka Lucky, Technical and Product Development PT Topindo Atlas Asia.

Pemeriksaan busi meliputi celah atau gap busi dengan ukuran standar 0,8 sd 0,9 mm. Caranya dengan menggunakan fuller gauge dan pengecekan api busi harus berwarna biru dengan titik pancar api yang tetap dan ada di tengah. Selain itu, juga bersihkan busi dari kotoran di elektroda dengan sikat tembaga.

Baca Juga : Jadwal Ganti Oli Motor Matic Honda



"Kalau api busi dan celahnya berubah, akan berpengaruh pada performa mesin. Misalnya, mesin jadi sulit hidup, juga tak bisa stasioner, atau langsam," ucapnya.

Lebih lanjut, Ade menjelaskan jika ciri-ciri busi yang minta diganti, antara lain karena pembakaran tidak sempurna dan mesin menjadi boros. "Ini juga bisa diakibatkan busi tidak pernah diperiksa dan dibersihkan karena menyebabkan penumpukan karbon pada elektrodanya yang berakibat kebocoran listrik sehingga busi harus ganti lebih cepat," tutupnya.

Memilih Busi Terbaik

Dari sekian banyaknya merek busi, terbukti kualitas busi DURATION Ultra Iridium merupakan yang terbaik. Kualitasnya telah telah dibuktikan oleh Tim Motocross X-Pedisi di kejuaraan nasional motocross maupun kejuaraan nasional grasstrack.

 Berkat busi DURATION Ultra Iridium, kroser-kroser dari tim X-Pedisi meraih podium di beberapa kejuaraan di Pulau Jawa.

 

Baca Juga : Oli Honda Verza 150 Terbaik dan Yang Bagus, TOP 1 MC

 

Busi dengan ujung elektroda terbuat dari iridium alloy, merupakan jenis busi terbaik untuk menjaga sistem pengapian mobil dan motor anda dapat bekerja dengan baik. Busi Iridium seperti DURATION Ultra Iridium memiliki diameter pusat elektroda yang sangat kecil dan presisi dengan ukuran 0.6 – 0.8 mm, hal ini membuat pengapian yang dihasilkan akan lebih fokus.

Walau memiliki harga yang relatif sedikit lebih mahal, namun umur busi ini mampu mencapai jarak tempuh 50,000 – 70,000 km. Artinya penggunaan busi DURATION Ultra Iridium justru dapat menghemat biaya dan mempermudah perawatan.

Keunggulan busi DURATION Ultra Iridum bukan hanya pada bahan dasarnya saja, busi ini juga memiliki U-Groove Technology yang membuat nyala api lebih besar tanpa memperlebar gap pada busi, hal ini membuat pengapian lebih fokus dan presisi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keunggulan DURATION Ultra Iridum, rekomendasi busi terbaik buat mobil dan motor

  • Mengoptimalkan sistem pengpian kendaraan menjadi lebih focus dan stabil
  • Membuat starter kendaraan lebih mudah
  • Umur busi lebih lama, dan lebih hemat biaya
  • Membuat efisiensi bahan bakar lebih irit
  • Terbuat dari bahan dasar Iridium yang terbukti kualitasnya karena lebih tahan panas dan mampu menghantarkan daya listrik lebih baik.
  • Dilengkapi teknologi U-Groove yang menghasilkan pembakaran lebih focus

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters