Rabu, 18 November 2020

Rekomendasi Oli Transmisi di Toyota Agya Manual, Nyaman di Perjalanan

Guna menjaga performa kendaraan tetap baik dan dalam performa maksimal diperlukan perawatan dengan oli transmisi, seperti Toyota Agya Manual. Mobil satu ini memang jadi idaman banyak orang, apalagi kalau bukan karena nama Toyota yang memang terkenal.

Toyota Agya manual memiliki beragam pilihan oli transmisi, baik yang bersifat matic maupun manual. 

Maka dari itu pilihan atau spesifikasi juga menyesuaikan dengan waktu produksi mobil tersebut. Karena sejatinya setiap mobil memiliki kerenggangan mesin yang bervariasi.

Dalam proses pemilihan oli transmisi sendiri bukan menjadi barang yang berhak dilupakan, apalagi dengan kebutuhannya sebagai alat perawatan guna memudahkan perpindahan transmisi atau gigi.

Lantas, apa fungsinya, efek, serta pengertian oli transmisi yang benar? Langsung aja simak ulasannya di bawah ini sob!

Pengertian Transmisi Kendaraan

Untuk sistem transmisi merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengkonversi torsi dan kecepatan putaran mesin dengan meningkat secara berjangka. Kecepatan yang ada berbeda-beda dan memiliki penggerakan khusus.

Dalam konversi atau perubahan kecepatan ini akan diteruskan hingga ke bagian penggerak yang nantinya dapat diatur, baik butuh yang bertenaga tinggi, rendah, atau stabil. 

Maka dari itu, sistem transmisi ini juga menggunakan gaya gerak yang cukup berat guna menjaganya tetap optimal dalam pemakaian waktu yang lama.

Lantas, mobil matic tidak memerlukan banyak manfaat untuk memindahkan gigi, namun faktanya semua mobil memiliki sistem transmisi untuk mengubah kecepatan, arah, dan konversi torsi.

Fungsi Oli Transmisi

Adapun fungsi oli transmisi yang baik untuk kamu pahami. Pada dasarnya, pelumas atau oli memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen dan menjaga suhu tetap stabil dalam waktu pemakaian yang lama.

Bila berbicara dengan oli transmisi, maka komponen transmisi lah yang menjadi bagian penting. Oli ini juga memiliki fungsi membuat perpindahan gigi lebih mulus dan minim gesekan.

BACA JUGA: 4 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Kering dan Cara Merawatnya

Mobil dengan transmisi otomatis biasa terdiri dari wadah yang berisi oli transmisi beserta filter oli.

Berbeda cerita dengan transmisi manual yang memiliki wadah khusus untuk diisi dengan oli transmisi. Spesifikasi dari oli transmisi juga beragam sebagai contoh Dextron-III atau CVT.

Waktu Ganti Oli Transmisi

Bila sudah memahami fungsi serta pengertian sistem transmisi, maka diperlukan cara perawatan lain guna mendinginkan dan melumasi komponen transmisi mobil dengan waktu perawatan.

Memang pelumas dan oli merupakan salah satu cara merawat mesin agar lebih awet dalam waktu pakai yang lama.

Oli transmisi diperlukan untuk diganti secara berkala agar mesin memiliki kinerja yang optimal. 

Lantas, kapan waktunya?

Waktu ganti oli transmisi yang disarankan berada di kisaran 30.000 km sampai 40.000 km. Atau setiap 2 kali mengganti oli mesin.

Efek Buruk Telat Ganti Oli Transmisi

Bagaimana kalau telat mengganti oli transmisi? Sangat disarankan untuk tetap konsisten menjaga kinerja mobil dengan mengganti oli mesin, transmisi, gardan, atau kebutuhan lain seperti radiator serta oli power steering tepat waktu.

Gesekan antara besi dalam waktu yang lama akan mengakibatkan panas di dalam komponen mobil. Maka dari itu oli menjadi barang wajib bagi para pemilik kendaraan.

BACA JUGA: Apa Arti Viskositas di Oli Mesin? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Oli transmisi yang tidak diganti dalam waktu yang lama akan memiliki banyak endapan karena hasil gesekan dari komponen kendaraan.

Maka dari itu, pastikan mengganti oli transmisi secara tepat, cepat, dan konsisten agar kendaraan tetap nyaman digunakan.

Oli Transmisi Toyota Agya Manual

Oli transmisi terbaik untuk Toyota Agya Manual sebenarnya sangat bergantung pada transmisi serta produksi yang digunakan. 

Diperlukan juga berbagai sertifikasi yang aman, penggunaan serta waktu yang digunakan untuk menjaga mesin tetap bekerja optimal dalam waktu yang lama.

Tidak lupa menggunakan pelumas atau oli transmisi yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan bahan dasar sintetik serta aditif khusus.

Spesifikasi pabrikan asli juga harus diikuti agar mampu bekerja secara maksimal sebagai pengantar mekanisme perpindahan gigi transmisi otomatis maupun manual.

TOP 1 ATF SERIES siap menjaga kondisi transmisi mobil lebih nyaman dan baik dalam waktu yang lama!

Mengapa harus memilih oli transmisi TOP 1 ATF SERIES?

Guna menjaga bagian transmisi tetap nyaman digunakan, TOP 1 menggunakan formulasi, aditif, hingga bahan dasar oli khusus agar lolos uji coba. 

Oli transmisi juga sudah memiliki beragam sertifikasi, seperti Dextron 3 yang cocok untuk beberapa kendaraan dengan kecepatan yang tinggi atau pabrikan baru.

Makin kencang, nyaman, dan juga cepat!

Tunggu apalagi? Ganti oli transmisi kamu sekarang di bengkel kesayangan dengan produk oli transmisi dari TOP 1!

Atau beli cukup di rumah aja di ecommerce resmi TOP 1 di Tokopedia dan Shopee sekarang!

Lagi banyak promo menggiurkan, gratis ongkir, juga keaslian produk sudah terjamin sob!

Oli Anda TOP 1 Juga, Kan?

Rekomendasi untuk kamu: