Senin, 27 Agustus 2018

Seperti Ini Teknik Pengereman yang Baik & Benar

Ketika mengendarai kendaraan, kamu harus mengetahui teknik yang baik dan benar ketika melakukan pengereman. Pasalnya, masih banyak orang yang tidak terlalu paham dengan teknik ini. Padahal, memiliki pengetahuan tentang teknik pengereman yang baik merupakan hal mutlak dan dasar bagi para pengendara baik motor maupun mobil. Jadi, hal ini rem sifatnya bukan hanya untuk mengurangi kecepatan, melainkan membuat perjalananmu berkendara menjadi lebih aman.

 

Pemilik kendaran mesti paham betul teknik pengereman, jika tidak justru hal itu akan membahayakan. Memang, keahlian untuk melakukan pengereman memerlukan jam terbang tinggi serta latihan yang cukup.

 

Teknik Pengereman yang Benar untuk Motor

 

Melakukan pengereman itu secara benar tidak hanya digunakan saat aspal basah, tetapi juga saat ketika kering. Jika Anda pengendara sepeda motor, maka beberapa hal di bawah ini harus menjadi perhatian:

 

  • Jangan meletakan jari di tuas rem

 

Hal ini akan memicu tanganmu untuk melakukan pengereman secara mendadak dikarenakan reflek atau tidak sengaja ketik menarik tuas rem. Selain itu, telapak tangan tidak cukup kuat untuk menahan beban motor ketika hanya ibu jari yang disisakan di tuas rem.

 

Hal ini juga menghindarkanmu dari menekan tuas rem terlalu keras secara mendadak. Oleh karena itu, biasakan kelima jari untuk menggenggam tuas gasmu, ya.

 

  • Gunakan rem depan dan belakang bersamaan

 

Secara fungsi, rem depan merupakan rem paling efektif untuk mengurangi laju kecepatan motor, sedangkan rem belakang itu sebagai penyeimbang. Akan tetapi, teknik pengereman yang benar adalah dengan menggunakan kedua rem secara bersamaan. Teknik ini harus dilatih secara rutin.

 

Kemudian, jarak pengereman harus dilakukan secara jauh dan jangan mendadak. Hal ini dapat menghindarkan dari risiko terhadap kemungkinan terjadinya benturan. Kamu juga perlu menutup putaran gas ketika melakukan pengereman.

 

Penekanan kekuatan rem, silakan kamu timbang sendiri kadar kuatnya. Tentunya, kamu perlu melihat kecepatan dan kondisi jalan yang kamu lalui. Untuk pengereman minimal, cukup gunakan dua hingga tiga jari, sebaliknya jika kamu perlu memaksimalkan pengereman maka empat jadi seperti menggenggam perlu dilakukan.

 

Sebagai tambahan, jangan terlalu sering menggunakan rem belakang dan gunakan ketika melewati kontur jalan tertentu. Motor bisa jadi tidak stabil ketika kamu hanya menggunakan rem belakang.

 

  • Jangan lakukan pengereman di tikungan

 

Rem hanya bisa digunakan ketika menjelang masuk tikungan untuk memperlambat laju kendaraan. Kunci utama ketika melakukan tikungan adalah akselerasimu cengkraman roda depan motor menjadi lebih baik. Jika kamu mengerem saat berada di tikungan, itu akan berakibat fatal untuk keselamatanmu.

 

  • Gunakan engine brake

 

Engine brake sendiri adalah kegiatan memindahkan gigi ke lebih rendah agar laju motor lebih lambat. Teknik pengereman yang satu ini lazim ditemui di sepeda motor sport atau motor gede sejenisnya. Banyak pengendara yang melakukan engine brake ketika sudah mengerem karena hal ini akan sangat.

 

Motor bebek juga bisa menggunakan teknik ini, namun sangat disarankan agar menggunakannya jika kondisi sedang genting.

 

Hal yang lebih penting dari melakukan pengereman adalah kamu juga harus fokus dan waspada terhadap jalan yang akan kamu lalui. Kamu juga harus menyesuaikan kontur jalan apakah licin atau tidak.

 

Baca juga: Tips Mengendarai Mobil Jika Selalu Terjebak Kemacetan 

 

Jenis Teknik Pengereman

 

Secara teori, terdapat tiga jenis teknik pengereman threshold (diperas), pulse (tarik-lepas berkali-kali), serta easy and squeeze (pengereman yang kerap dilakukan sehari-hari).

 

Sebenarnya, ketiga jenis teknik ini memiliki keunggulannya masing-masing terhadap kontur jalan yang dilalui, kondisi ban, dan penguasaan teknik yang mudah dipelajari.

 

Itulah beberapa informasi seputar teknik pengereman yang baik dan benar. Sekali lagi, teknik pengereman ini perlu dicermati karena merupakan sesuatu yang mutlak dan sangat dasar ketika kamu mengendarai motor.

 

Gunakan Selalu Oli Top 1

 

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, oli TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters