Senin, 27 Agustus 2018

Tips Mengendarai Mobil Jika Selalu Terjebak Kemacetan

Mengendarai mobil di tengah kemacetan memang melelahkan. Apalagi, jika kemacetan itu padat dan merayap. Kamu akan terbiasa untuk sedikit-sedikit melakukan pengereman. Kemacetan sudah sangat pasti membuat banyak kerugian baik untuk kesegaran badan serta komponen mobilmu sendiri.

 

Ketika berada di kemacetan kamu membutuhkan kesabaran dan kewaspadaan dalam berkendara. Tensi juga menjadi tinggi, serta jarak antar mobil ke mobil lain bisa sangat dekat yang tentu rawan bersinggungan. Demi menghindari hal tersebut, beberapa tips berikut ini bisa kamu praktikan ketika terjebak kemacetan nanti.

 

Gigi Harus Netral Ketika Berhenti

Ini sangat penting untuk dilakukan. Ketika berada di kemacetan, usahakan gigi harus selalu di posisi netral. Hal ini harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan jika kemungkinan pedal kopling terlepas. Selain itu, agar mobil bisa berhenti secara benar. Bagi mobil matic, jangan posisikan transmisi di tuas D terus menerus, ya. Hal itu dapat menyebabkan pengikisan kanvas rem.

 

Jangan Selalu Menggunakan Teknik Setengah Kopling

Teknik setengah kopling ini memang terasa sangat menguntungkan. Kakimu tidak akan terlalu lelah saat terjebak kemacetan yang cukup parah. Akan tetapi, teknik ini memiliki risiko yang lain, yaitu, kanvas dan oli kopling akan mudah habis terkikis, panas, bahkan bisa mengalami kehausan. Tentunya, hal itu akan sangat berbahaya bukan hanya bagi mobilmu, melainkan keselamatanmu dan sekitar.

 

Cara paling baik untuk menghindari teknik ini adalah dengan memberi jarak dengan mobil di sekitarmu. Lebih baik gunakan rem tangan dibanding teknik setengah kopling ini.

 

Selalu Waspada dengan Memberikan Lampu Sein

 

Ketika kamu berada dalam kemacetan, pasti kamu akan mencari jalan atau ruang paling lega. Pastikan kamu selalu menggunakan lampu sein untuk memberikan isyarat pada kendaraan lain, ya. Hal ini juga penting karena kendaraan lain akan mengerti bahwa kamu ingin berpindah jalur atau bahkan berputar arah.

 

Menggunakan lampu seinnya pun jangan dilakukan secara mendadak. Pasang lampu sein jauh sebelum kamu ingin berpindah jalur. Jangan terlalu terburu-buru berpindah jalur agar kejadian yang tidak diinginkan dapat terhindari.

 

Gunakan Pedal Rem Secukupnya

Jangan terlalu sering menggunakan pedal rem saat kamu berada di tengah kemacetan. Hal ini dikarenakan akan mengganggu kendaraan lain yang berada di sekitar kamu. Selain itu, kamu harus selalu fokus agar tidak sering melakukan pengereman mendadak. Banyak kecelakaan terjadi karena di antara banyaknya kendaraan ada yang melakukan pengereman mendadak. Hal itu juga dapat mempercepat terkikisnya kanvas rem.

 

Baca juga: Kenalan Sama Erin Sills, Wanita Pemegang Rekor Motor Tercepat di Dunia

 

Penting juga untuk selalu menggunakan rem tangan saat mobilmu terjebak dalam kemacetan yang lama. Kamu juga tidak akan mudah lelah karena tidak perlu menginjak pedal rem terus menerus.

 

Perhatikan Indikator Kendaraan

 

Saat berada dalam kemacetan, mobil mengeluarkan beban kerja dua kali dari biasanya, loh. Oleh karena itu, kamu harus sering-sering memeriksa instrumen dan indikator pada mobilmu. Mobil bisa cepat panas bahkan bisa mogok di jalan jika kamu tidak waspada terhadap indikator mobil. Yang paling penting, suhu mobil harus normal.

 

Hal lain yang juga harus menjadi perhatian adalah penggunaan oli mobil. Kamu harus cermat dalam memilih oli mobil yang “tahan banting” terhadap kemacetan. Pilih oli mobil dengan teknologi serta kekentalan yang pas untuk kemacetan. Tanyakan pada montir bengkel terdekat atau beralihlah kepada oli TOP 1. Teknologi sintetik Oli TOP 1 cocok untuk penggunaan mobil yang sering terjebak dalam kemacetan.

 

Tips di atas merupakan teknik dasar yang perlu kamu kuasai ketika terjadi kemacetan. Hal yang terpenting ketika kamu berada di tengah kemacetan adalah bersabar dan selalu waspada serta fokus.

 

Gunakan Selalu Oli Top 1

Untuk mendapatkan performa mesin terbaik, Gunakan oli sintetik dari produk-produk oli TOP 1 yang sudah terbukti teknologinya. TOP 1 telah berpengalaman dalam memproduksi oli Full Synthetic berkualitas terbaik, seperti Oli TOP 1 Evolution Series.

 

Oli Full Synthetic adalah oli hasil terbersih dari pemilahan oli mineral. Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, oli yang full synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan oli non-synthetic biasa, seperti usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

 

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters