Jumat, 29 Mei 2020

Ulas Honda Sonic 150R: Oli, Mesin serta Spesifikasi Lengkap

Bila menyinggung motor tentu banyak tipe yang kerap kita lihat di jalanan umum.

Dari tipe matic atau skuter, bebek atau hatchback, motor besar, dan lain sebagainya. Pabrikan pun berlomba-lomba merebut hati para konsumen, salah satunya Honda.

Honda membuat saingan terbaru dari Suzuki Satria FU, yaitu Honda Sonic 150R. Tipe dan desain yang ditonjolkan pun serupa. Motor ini juga terbilang langka di pasaran meski memiliki beragam teknologi yang mutakhir.

Tidak lupa kendaraan yang dilengkapi kecepatan memukau di kelasnya. Tentu tidak heran bila Honda Sonic bisa menjadi pilihan kamu yang mencari motor bertipe semi-sport satu ini. Tertarik melihat lebih lanjut? Mari simak bersama-sama, sob!

Desain Motor Honda Sonic 150R

Dengan tagline Aksi Tanpa Batas, Honda mempromosikan Honda Sonic 150R dengan sangat percaya diri.

Berbagai teknologi disematkan di motor yang satu ini. Tentu bila melirik desain, kamu akan familiar dengan pesaingnya, yaitu Suzuki Satria FU.

Yap, Honda Sonic 150R mencoba memikat hati para pencinta motor semi-sport. Gaya berkendara yang ergonomis untuk mereka yang gemar kecepatan sangat ditonjolkan di bagian setang kendaraan.

Gaya sporty juga sangat ditunjukkan di pilihan warna dan desain Honda Sonic 150R. Banyak kesan glossy dan sport yang membawa sang pengendara serasa di sirkuit.

Tidak lupa lampu depan yang memiliki kesan tegas dan berani, membawa citra baik bagi pengendaranya. Motor ini juga memiliki velg yang sangat berbeda dengan tipe-tipe pabrikan Honda.

Pada bagian lampu sudah dilengkapi dengan teknologi LED sehingga kuat menerangi perjalanan kamu di teriknya siang maupun gelapnya malam.

Bodi yang diusung memang ramping dan ringan untuk menambah kesan sporty.

Kamu yang gemar melakukan modifikasi, Honda mendukungnya dengan teknologi Plug & Play Fairing. Sistem perakitan yang lebih mudah dicabut dan dipasang.

Masih kurang? Dengan setang yang luas dan ramping dapat membawa sudut putar motor yang lebar.

Sehingga memang didesain sedemikian rupa untuk kecepatan dan lebih lugas di jalanan umum.

Desain yang mendukung tentu akan semakin bagus bila ditunjang performa mesin yang memukau. Bagaimana performa mesin motor Honda Sonic 150R?

Mesin Motor Honda Sonic 150R

Performa mesin menjadi tolak ukur kendaraan tipe sporty seperti Honda Sonic 150R. Yap, memang didesain sedemikian rupa untuk menunjang aerodinamis, kini didukung daya mesin yang optimal.

Langsung ke mesin utama yang mana Honda Sonic 150R menggunakan mesin generasi terbaru DOHC dengan 6 kecepatan berteknologi injeksi PGM-FI. Untuk kecepatan rasanya kamu tidak usah ragu karena motor ini menyesuaikan namanya, yaitu ditunjang kecepatan 150 cc.

Honda Sonic 150R mampu berakselerasi hingga 10,6 detik untuk jarak 0-200 meter. Tidak sampai di situ, motor Honda Sonic 150R bisa kamu pacu hingga 124,1 km / jam.

Kecepatan ini didukung oleh rangka tipe Twin Tube Erimeter sehingga membawa performa optimal, akselerasi cepat, dan manuver yang mudah dikendalikan.

Bagian belakang terdapat teknologi Monoshock, suspensi untuk peredaman benturan di jalan dan menambah aksen sporty.

Honda menambahkan teknologi Liquid-Cooled Auto Fan, radiator canggih yang otomatis menyala dan mendinginkan mesin di suhu 130 derajat celsius.

BACA JUGA: Sistem Kerja Rem Sepeda Motor: Pengertian, Jenis dan Cara Merawatnya

Sudah selesai? Belum, sob! Motor Honda Sonic 150R punya kelebihan lain yaitu konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sangat irit. Melalui pengetesan bensin EURO 3 dan EURO 2, memiliki rata-rata 43,15 km / liter.

Tentu kecepatan akan menambah daya konsumsi BBM, tapi tidak menutup fakta bahwa pabrikan Honda memang terkenal dengan kendaraan yang sangat irit.

Untuk informasi lengkap langsung cek spesifikasi Honda Sonic 150R di bawah ini, sob!

Spesifikasi Motor Honda Sonic 150R

  • - Mesin: 6 Langkah, DOHC - 4 Katup, PGM-FI
  • - Kapasitas Mesin: 149,16 cc / 150 cc
  • - Daya Maksimum: 11,8 kW / 9,000 rpm
  • - Torsi Maksimum: 13,5 Nm / 6,500 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik dan Starter Injak
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 4 Liter
  • - Tipe Kopling: Multiple Wet Clutch Coil Spring
  • - Tipe Transmisi: Manual - 6 Kecepatan
  • - Warna Honda Sonic 150R: New Energetic Red, New Activo Black, New Aggresso Matte Black, Honda Racing Red

Oli Motor Honda Sonic 150R

Setelah memahami spesifikasi dan teknologi dari Honda Sonic 150R, tentu perawatan menjadi pelajaran penting berikutnya. Yap, setiap motor butuh perawatan di berbagai aspek, salah satunya mesin.

Cara merawat mesin adalah penggantian oli secara rutin dan tentunya pemilihan oli yang berkualitas. Honda Sonic 150R cocok menggunakan oli 10W-30 yang merupakan ciri khas formula dari Honda.

TOP 1 MC 10W-30 jadi oli yang bisa dipercaya untuk rawat mesin Honda Sonic kamu! Memiliki kadar sintetik yang tinggi dan mampu menjaga performa tetap di puncak!

Jadi tunggu apalagi? Ganti oli kamu dengan TOP 1 MC di bengkel kesayangan sekarang!

Atau beli di toko resmi TOP 1 di Tokopedia sekarang! Nikmati beragam diskon, gratis ongkir, dan produk yang dijamin asli!

Rekomendasi untuk kamu: