Senin, 10 Desember 2012

Anak hiper aktif di salam mobil sangat berbahaya

Rasa keingintahuan anak kadang terjadi dimanapun. Bisa di rumah, sekolah maupun di dalam kendaraan saat melakukan perjalanan. Kebiasaan anak yang super aktif di dalam mobil akan sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh sang anak yang jenuh karena terlalu lama berada di dalam mobil. sehingga mereka melampiaskan rasa jenuh tersebut dengan bercanda, lompat kesana kemari, mencoba memegang tombol bahkan persneling atau rem tangan.

Menurut Efnie Indrianie, M.Psi, psikolog anak dan sosiolog dari Smart Centre for Human Research, kebiasaan anak-anak yang hiper aktif jika berada di dalam mobil sangat mengganggu keselamatan berkendara. Namun, hal ini bisa kita atasi dengan melakukan kebiasaan positif sebelum melakukan perjalanan.

Salah satunya adalah mengajarkan pada si anak bagaimana melakukan pemanasan sebelum perjalanan jauh. Seperti senam ringan, yang gerakannya dapat ditiru si anak. Faktor lainnya juga didukung oleh fitur keselamatan yang pada kendaraan.

"Kalau untuk Honda Freed, tak perlu diragukan lagi. Mobil keluarga ini sangat konsen terhadap keselamatan penumpangnya," ujar Efnie usai menghadiri talk show di acara Family Journey with Honda Freed di Cibubur baru-baru ini.

(kpl/tr/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters