Audi a2 membidik BMW i3

Audi a2 membidik BMW i3

Mobil konsep terbaru Audiyang dinamakan A2 muncul di Frankfurt, Jerman. Tapi direktur perusahaan R&D, Michael Dick, mengonfirmasikan kendaraan ini akan segera dibuat. Mobil ini akan hadir dengan dua versi, yaitu mobil bertenaga elektrik dan versi penggabungan mesin elektrik dengan mesin berbahan bakar bensin (hybrid).

Di sini Audi jelas terlihat ingin memberi perlawanan terhadap BMWi3. Desain Audi ini dikerjakan oleh Stefan Sielaff dan ia menjuluki generasi terbaru kendaraan ini dengan 'Megacity Vihicle' dan perkataan ini juga sama dipakai oleh pihak BMW. Dick menjelaskan bahwa body A2 menggunakan bahan yang ringan dan murah dari pada buatan BMW Lifedrive dengan bahan alumunium dan struktur karbon fiber.

"Kita akan melakukan terobosan dalam hal harga dan volume untuk teknologi karbon yang akan diterapkan pada A2," kata Dick.

A2 merupakan kendaraan untuk 4 penumpang dengan panjang 3.7 meter. Pada kendaraan konsep yang bermesin elektrik ini akan memiliki bobot seberat 1.156 kg. Dengan bobot seringan ini, Audi mengklaim kendaraan ini sanggup menempuh jarak 193 km dalam sekali charge pada paket batere kapasitas yang relatif kecil, yaitu 31 kilowatt. Proses pengisian batere ini pun hanya memakan waktu 2 jam saja dari batere keadaan kosong dengan arus 400 volt. Pihak Audi tak berjanji untuk mengimpor pada Amerika.

Konsep mobil ini menggunakan teknologi 'Steer by wire', tapi Dick membantah akan hal itu. Karena nanti akan menggunakan rangka dari alumunium dan diperkuat dengan carbon fiber pada panel eksteriornya.

Meskipun Dick tidak memberikan rincian secara detail spesifikasinya, tapi Dick menegaskan yang pasti mesinnya akan menggunakan mesin bensin, bukan diesel. Tampaknya persaingan dua pabrik raksasa Jerman ini tidak akan ada hentinya. Kita nantikan saja perkembangan lebih lanjut dari Audi A2 ini.

(kpl/vin/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024