Ford EcoBoost, Mesin 3 silinder dengan performa lebih

Ford EcoBoost, Mesin 3 silinder dengan performa lebih

Pada mesin tiga silinder, dua silinder biasanya bergerak bersama-sama sementara satu silinder bergerak sendiri, menyebabkan mesin bergoyang dari sisi ke sisi.

EcoBoost 1.0 liter adalah mesin tiga silinder pertama Ford dan dirancang di pusat penelitian dan pengembangan perusahaan di Aachen dan Merkenich, Jerman serta Dunton, Inggris. Salah satu fitur yang membedakan mesin ini adalah bagaimana tim teknik dengan cerdik mengatasi getaran yang tidak menyenangkan yang berasal dari jumlah silinder yang ganjil di dalam mesin.

Cara tradisional untuk mengurangi daya getaran pada mesin berukuran kecil adalah dengan memasang poros penyeimbang yang berputar berlawanan arah di dalam motor yang menghilangkan sebagian besar getaran. Namun, poros penyeimbang ini berat, mahal, dan mengurangi penghematan bahan bakar.

Mesin Ecoboost kebanggaan Ford

Sebaliknya, tim Ford dengan sengaja membuat katrol dan roda gila (flywheel) tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif. Pemasangan mesin juga dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin.

Dengan teori tersebut, menghasilkan salah satu mesin paling halus dan paling senyap di jajaran mesin global Ford. Mesin ini hampir tak bersuara dan bebas getaran saat idle.

Ford EcoBoost 1.0 liter

EcoBoost 1.0 liter merupakan mesin terkecil di kelasnya. Ford EcoBoost tiga silinder yang telah dipatenkan ini memiliki tenaga, torsi dan penyempurnaan yang besar. Sehingga menghasilkan tenaga 120 hp dan torsi 170 Nm, mesin yang senyap dan lembut ini menghasilkan tenaga dan performa yang menandingi mesin bensin 1.6 liter tradisional.

(kpl/tr/sno)

© PT Topindo Atlas Asia 2024