Kamis, 13 Desember 2012

Honda CB150R StreetFire siap kejar V-Ixion

Pasar sepeda motor pada tahun 2012 mungkin mengalami penurunan akibat dampak regulasi DP. Namun tidak terjadi pada segmen motor sport. Kategori jenis motor ini semakin meningkat dan memiliki potensial yang besar.

Menurut Johannes Loman, Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), saat ini Honda menjadi pemimpin pasar untuk kategori AT & Cub. Namun dikategori sport performa penjualan Honda masih harus terus ditingkatkan.

"Pasar kategori sport didominasi oleh segmen mid dengan 83,7 persen, dimana Honda hanya mempunyai satu model di segmen ini," tambah Johannes.

Masih menurut Johannes, pasar mid-sport didominasi oleh segmen anak muda yang menginginkan model sport dengan desain agresif, ramping dan ringan serta memiliki performa tinggi. "Makanya kami luncurkan Honda CB150R StreetFire untuk mewadahi kebutuhan di segmen ini," ujarnya.

Di kategori mid-sport ini, penjualan Honda CB150R akan berkompetisi langsung dengan Yamaha V-Ixion. Sebagai pemimpin pasar di kelas sportbike, menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan Yamaha untuk segmen ini hingga bulan November mencapai 41.657 unit.

Angka penjualan tersebut hasil sumbangan V-Ixion 28.669 unit, Byson 11.771 unit dan Scorpio Z 1.217 unit. V-Ixion tetap mempertahankan predikatnya sebagai motor sport terlaris di pasar Indonesia.

Sepanjang bulan Januari hingga November 2012, total penjualan V-Ixion tercatat 302.898 unit. Angka penjualan di periode ini yang tertinggi terhitung sejak V-Ixion dikeluarkan pertama kali di 2007.

Meningkatnya grafik penjualan V-Ixion hingga saat ini sudah melebihi jumlah penjualan per tahun sejak dirilis di 2007. Namun dengan kehadiran Honda CB150R StreetFire akan semakin memanaskan persaingan ini.

(kpl/tr/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters