Malaysia rakit Subaru XV secara massal

Malaysia rakit Subaru XV secara massal

Motor Image sebagai anak perusahaan dari Tan Chong International Limited, merayakan sebuah langkah besar. Dengan secara resmi meluncurkan Subaru XV pertama yang diproduksi di Kuala Lumpur (19/12).

Bermitra dengan Fuji Heavy Industries Ltd, produsen Subaru yang berasal dari Jepang. Inisiatif perakitan secara lokal ini merupakan langkah berani untuk secara signifikan memperluas kehadiran Grup di Malaysia.

Peluncuran diresmikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Internasional dan Industri, YB Dato' Mukhriz Tun Mahathir. Hal ini mencerminkan dukungan dari pemerintah Malaysia terhadap inisiatif Tan Chong dalam industri otomotif.

Lebih dari 5.000 unit kendaraan Subaru XV 2.0i dan Subaru XV 2.0i-Premium, akan diproduksi setiap tahun untuk Indonesia (harga mulai dari Rp338 juta), Malaysia (harga mulai dari RM150,000), dan Thailand (harga mulai dari THB1. 35 juta).

Subaru XV

Sedikitnya 65 persen dari kendaraan-kendaraan yang dirakit di Malaysia tersebut akan diperuntukkan sebagai komoditi ekspor. Sedangkan sisanya akan didistribusikan secara lokal.

Subaru XV pertama kali diperkenalkan pada bulan September dan Motor Image telah menerima sambutan yang luar biasa untuk compact SUV ini dari tiga negara tersebut.

Pendapatan di tiga negara tersebut di atas diperkirakan akan meningkat lebih dari 10 kali lipat dalam tahun pertama diperkenalkannya kendaraan rakitan lokal ini.

Subaru XV

Mr Glenn Tan selaku Direktur Eksekutif dari Tan Chong International Limited mengatakan, "Perkembangan ini merupakan tonggak penting bagi kami karena kemampuan untuk merakit mobil Subaru secara lokal di Malaysia memungkinkan kami untuk memanfaatkan perjanjian perdagangan antar negara ASEAN. Memberikan kami keuntungan dalam rencana kami untuk memperluas jaringan distribusi kendaraan kami."

Strategi pertumbuhan Grup ini juga tercermin dalam eksistensi Grup Motor Image yang pesat. Terbukti dengan banyaknya outlet penjualan di tiga negara tersebut.

Misalnya, pembukaan 15 outlet penjualan dan distribusi di Indonesia, dari 7 outlet menjadi 22 outlet per tahun ini, dengan 11 outlet baru direncanakan akan dibuka sepanjang tahun 2013. Kemudian pembukaan 18 outlet penjualan dan distribusi di Thailand, dengan rencana membuka 4 outlet baru lagi sepanjang tahun 2013. Serta, hingga akhir 2013, 7 outlet penjualan dan distribusi baru akan menambah jumlah outlet di Malaysia, yang hingga saat ini sudah berjumlah 16 outlet.

Subaru XV

Saat ini Subaru mendapatkan permintaan yang besar untuk kendaraan 'All-Wheel Drive', di seluruh wilayah, khususnya di pasar Asia dengan lebih dari 13.000 unit yang terjual pada tahun 2011. Motor Image memperkenalkan Subaru di Singapura 26 tahun yang lalu yakni pada tahun 1986.

Perusahaan ini telah membuka jaringan penjualan dan distribusi kendaraan di Kamboja, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Cina Selatan, Taiwan, Thailand dan Vietnam, dengan tujuan mengedukasi lebih banyak orang di wilayah tersebut untuk menemukan dan menikmati perbedaan dalam mengemudikan mobil Subaru.

(kpl/prl/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024