Masuki usia 10 tahun, mobil sejuta umat terus berbenah

Masuki usia 10 tahun, mobil sejuta umat terus berbenah

Kehadiran mobil sejuta umat Toyota Avanza di Indonesia kini memasuki tahun ke 10. Selama satu dasawarsa tersebut Avanza kini sudah mengalami berbagai perubahan baik dari segi interior maupun eksterior.

Sejak diperkenalkan pada 11 Desember 2003 lalu, Avanza memang sudah didesain sesuai dengan karakteristik masyarakat dan geografis Indonesia.

"10 tahun bukanlah waktu yang singkat. Namun dalam kurun waktu tersebut, Avanza hadir untuk mewujudkan berbagai impian masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kami lebih setuju jika ungkapan Avanza sebagai mobil sejuta umat diganti dengan sejuta impian," kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor saat ditemui wartawan di Jakarta, Sabtu 7 Desember 2013.

Avanza Batik

Dalam usianya yang ke-10, Avanza telah banyak mengalami perubahan disemua sektor. Sejak pertama kali diluncurkan, mobil kembaran Daihatsu Xenia ini hadir dalam dua pilihan model yaitu 1.3 G dan 1.3 E yang hanya tersedia transmisi manual 5 percepatan.

Selang setahun, Avanza meluncurkan transmisi otomatis, serta menghadirkan tipe baru 1.3 S A/T yang diposisikan sebagai flagship. Pada Juli 2006, Avanza mengalami penyegaran dimana seluruh tipe dibekali mesin VVT-i, serta perubahan pada eksterior dan interior.

Di tahun yang sama, tepatnya Oktober 2006, Avanza hadir tipe 1.5 S menggantikan 1.3 S. Hal ini menjadikan Avanza memiliki 2 pilihan tipe yaitu 1.5 S M/T dan 1.5 S A/T, yang dilengkapi mesin 35Z-VE 1.500 cc 4 silinder VVT-i dengan tenaga maksimum 109 Hp.

Avanza Batik

Pada September 2009, Toyota kembali menghadirkan line-up dengan tipe 1.3 G dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Dan pada Mei 2010, Avanza menambah tipe 1.3 E yang juga dilengkapi transmisi otomatis.

Akhir 2011, sebagai generasi kedua Avanza muncul dengan perubahan desain yang jauh lebih berbeda, dan variannya pun bertambah beberapa tipe yaitu 1.3 E dan 1.3 G bertransmisi manual dan otomatis, 1,5 F manual, dan tipe tertinggi yang disebut Veloz dengan tampilan sporty dan fitur lebih lengkap.

Pada Mei 2013 lalu, Avanza hadir dengan beberapa improvment dalam segi keamanan dan kenyamanan, dengan menambahkan Dual Airbag disemua lini. Avanza juga telah menjadi tulang punggung Toyota untuk pasar ekspor ke 27 negara.

(kpl/tr/sdi)

© PT Topindo Atlas Asia 2024