Performa Agya tak jauh beda dengan Mobil Murah Ford

Performa Agya tak jauh beda dengan Mobil Murah Ford

Tren mobil murah saat ini tengah menjamur di dunia otomotif global. Kalau di Indonesia sendiri segmen mobil murah ini diberi nama Low Cost Green Car (LCGC), sebutan khusus untuk tunggangan roda empat yang tak hanya terjangkau tapi juga ramah lingkungan.

Salah satu mobil LCGC yang keberadaannya sudah menjamur di tanah air adalah Toyota Agya. City car hatchback keren jebolan Jepang ini resmi mengaspal di Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 lalu.

Walau termasuk mobil murah, Toyota tak mau main-main dengan kualitas produknya, terutama di sektor mesin. Sebagai sebuah mobil yang dirancang untuk wilayah perkotaan, Agya dibekali dengan performa yang mumpuni. Ia menggunakan dapur pacu DOHC 3 silinder berkapasitas 1.0 liter dengan tenaga maksimal sebesar 65hp dan torsi 85Nm.

Di lain sisi, Ford malah lebih dulu meluncurkan mobil murahnya yang bernama 'Figo' tahun 2010 lalu. Tak kalah dengan Agya, Ford Figo juga didesain dengan apik dan disokong oleh dapur pacu yang tak kalah kuatnya. Dengan mesin bensin Duratec 1.2L, ia mampu meledakkan tenaga hingga 71hp dengan torsi mencapai 102Nm.

Perihal harga, Toyota Agya termurah di Indonesia saat ini dibanderol dengan harga Rp 99jutaan OTR Jakarta. Sementara Ford Figo yang saat ini masih baru ada di Amerika, Afrika dan India saja dijual dengan harga INR 399.999 atau setara dengan Rp 77 jutaan untuk konsumen India.

(kpl/sno)

© PT Topindo Atlas Asia 2024