Tips memperbaiki kebocoran rem mobil

Tips memperbaiki kebocoran rem mobil

Otosia.com -

Rem merupakan komponen yang sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Oleh karenanya, Jika sampai terjadi sesuatu, terutama kebocoran minyak rem, tentu harus segera diatasi. Caranya tidak terlalu sulit, hanya perhatikan beberapa komponen seperti kaliper, silinder roda dan juga minyak remnya.

Untuk langkah awal, Anda bisa mengecek dulu kondisi kaliper yang ada. Jika dirasa sudah mulai aus, ada baiknya untuk segera diganti. Lepas bagian kaliper dan atur udara untuk selalu dalam kondisi rendah. Selanjutnya, lumasi kaliper. Lepaskan kaliper, terlebih lagi jangan sampai lupa untuk memberikan tanda baut agar sesuai dengan setingan lamanya.

Ilustrasi pengecekan rem mobil

Langkah selanjutnya, periksa kembali sepatu rem. Ganti sepatu rem, jika memang ternyata sudah mulai basah dengan cairan. Jika proses tersebut sudah selesai dilakukan, pasang kembali sepatu rem dan selanjutnya fokuskan untuk mngecek kondisi selang rem.

Selang rem tentu memiliki fungsi yang tak kalah penting. Inilah yang turut berperan sebagai pembuluh darah untuk menyalurkan minyak remnya. Ganti komponen ini jika dirasa sudah mulai tidak berfungsi dengan baik. Apalagi jika sudah mengalami kebocoran.

Setelah itu, isikan ulang minyak rem yang ada dan cek kembali apakah masih ada kebocoran saat pengereman. Terakhir, pastikan tidak ada minyak rem yang bocor dan set ulang kepakeman rem.

(kpl/sdi)

© PT Topindo Atlas Asia 2024