Toyota NAV1 hadir sebagai VIP MPV

Toyota NAV1 hadir sebagai VIP MPV

Untuk melengkapi produk lineup di segmen multi purpose vehicle (MPV), PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan produk terbarunya. Yakni Toyota Navigator One atau NAV1 pada 11 Desember 2012 di Jakarta.

Kehadiran Toyota Navigator Number One ini melengkapi jajaran produk yang sudah dimiliki Toyota di segmen ini. Dimana kelas MPV telah diisi oleh Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova dan Toyota Alphard.

Dalam beberapa tahun terakhir, segmen MPV memperlihatkan peningkatan demand yang signifikan. Pada 2008, total market di segmen ini mencapai 240.781 unit. Dalam 5 tahun, angka ini mampu naik hampir dua kali lipat.

Sepanjang Januari-November 2012, total market segmen MPV tercatat sebanyak 456.281 unit. Bisa dikatakan bahwa MPV merupakan segmen paling gemuk karena menguasai pangsa pasar sebesar 44,4 persen.

Dalam 10 bulan pertama 2012, market share Toyota di segman MPV mencapai 53,6 persen dengan total penjualan 244.404 unit. Dimana Toyota Avanza menjadi tulang punggung dengan total penjualan 157.189 unit.

Kendaraan yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia ini di produksi di Toyota Auto Body di Bekasi. Dengan artian dirakit secara Completely Knocked Down (CKD) dan menggunakan komponen lokal sebesar 4 - 5 persen.

Jika permintaan pasar makin meningkat, tidak menutup kemungkinan TAM akan memperbesar kandungan lokal ini hingga 80 persen. Sama dengan kandungan lokal yang ada pada Toyota Kijang Innova dan Toyota Avanza.

(kpl/tr/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024