Rabu, 21 Juli 2021

Apakah Aman Pakai Oli Mesin Matic di Oli Gardan? Begini Penjelasannya

Tidak jarang beberapa botol dari oli menyisakan hal-hal yang dianggap mubazir, seperti oli 200ml yang tersisa setelah menggunakan 800ml saja. Lantas, amankah bila oli mesin seperti motor matic dijadikan oli gardan?

Memang tidak sedikit pengendara yang memutuskan untuk menggunakan oli mesin sisa untuk oli gardan. Banyak isu yang mengatakan bahwa hal ini akan merusak, beberapa juga mengatakan bahwa oli ini akan aman-aman saja.

Lantas, mana yang benar untuk pernyataan tersebut? Oli mesin matic di oli gardan?

Penggunaan Oli Mesin Matic di Oli Gardan

Dari beberapa website otomotif banyak ahli yang mengatakan bahwa penggunaan oli mesin matic di oli gardan sah-sah saja dengan beberapa poin dan syarat.

Oli yang digunakan untuk oli gardan harus sesuai, dalam artian dari fungsi, teknologi, hingga kekentalan yang disarankan.

Product Development & Technical Support TOP 1 Indonesia, Lucky Elfano menjawab tentang komposisi oli mesin untuk oli gardan.

“Sebenarnya oli gardan yang dijual isinya memang tidak jauh berbeda, tapi dengan oli standar. Dengan kata lain, banyak oli gardan yang bisa menggunakan sisa oli mesin tapi dengan teknologi yang berbeda.

BACA JUGA: Amankah Gunakan Oli Diesel Untuk Motor? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sangat disarankan untuk menggunakan oli transmisi gardan motor matic dengan kandungan sintetis agar tidak mudah menguap. 

Tapi untuk kebutuhan mendesak, menggunakan oli sisa dari mesin motor matic sah-sah saja. Karena memang kerja gardan di motor matic tidak seberat di gardan mobil.

Meski begitu, alangkah baiknya menggunakan oli khusus untuk gardan karena ada teknologi penunjang sendiri,” ujarnya.

Oli Gardan Matic Terbaik

Memang mengganti oli gardan motor matic menjadi tabu, mengingat penggunaan dan penggantiannya sangat lama. Untuk dua kali penggantian oli mesin sama dengan satu kali penggantian oli gardan motor matic.

Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa sekali penggantian oli gardan di rentang 4.000 sampai 6.000 km saja. Namun dengan harga yang terjangkau rasanya tidak salah bila ingin mengganti skala 1:1 dengan oli mesin.

TOP 1 Gear Oil Matic bisa jadi pilihan untuk kamu yang pusing dengan isu-isu oli motor matic di gardan. Dihadirkan dengan penelitian khusus agar gesekan gardan lebih halus, tidak membuat kotor, tidak mengendap, dan melindungi dari suhu yang panas.

Tentu kehadiran oli gardan bisa jadi prioritas, apalagi dengan fitur bundle yang bisa kamu dapatkan di bengkel atau ecommerce dari TOP 1 Indonesia!

Mau coba ganti sendiri? Bisa banget sob! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia atau Shopee karena ada DISKON EKSKLUSIF yang ga pake ribet!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: