Rabu, 21 Juli 2021

Bolehkah Campur Oli Beda Merek? Ternyata Ini Dampaknya Untuk Mesin

Pertanyaan seperti itu memang kerap kali terlintas ketika hendak mengganti oli kendaraan

Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah campur oli beda merek itu diperbolehkan? Pertanyaan seperti itu memang kerap kali terlintas ketika hendak mengganti oli kendaraan.

Sebenarnya mencampur oli beda merek sah-sah saja, tetapi harus memiliki spesifikasi yang sama.

Saat kamu hendak mencampur oli kendaraan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kesamaan SAE dan API.

Biasanya, SAE dan API yang telah tersetifikasi SNI memiliki kandungan oli yang mirip dalam artian kinerjanya pun juga hampir sama.

Nah, yang berbahaya adalah ketika kamu mencampurkan oli synthetic dengan oli mineral. Lantaran, kandungan di dalamnya sudah jauh berbeda.

Pencampuran oli ini berakibat merusak mesin kendaraan kamu.

Pada dasarnya, beberapa ahli tidak merekomendasikan untuk mencampur oli beda merek.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa mencampur oli beda merek adalah suatu hal yang menguntungkan karena dapat memangkas biaya pengeluaran.

Tapi nyatanya itu justru membuat kamu perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perawatan kendaraan kamu. Pasalnya, kedua oli tersebut memiliki kandungan zat aditif yang berbeda dan berpotensi menimbulkan reaksi kimia yang merugikan.

Risiko paling parah yang bisa dihasilkan adalah membuat mesin mobil kamu menjadi macet hingga tak bisa bergerak. Selain itu, juga dapat membuat mesin lecet akibat efek lumpur yang dihasilkan oleh reaksi kimia.

BACA JUGA: Beda Fungsi, Ini Kegunaan Oli Transmisi dan Oli Mesin di Mobil

Jadi sangat disarankan untuk tidak mencampur oli berbeda merek dan hanya menggunakan oli mesin yang telah direkomendasikan dalam buku petunjuk mobil.

Kalau kamu hingga sekarang masih memiliki prinsip untuk mendapatkan sesuatu dengan harga murah tanpa memikirkan efek jangka panjang.

Kamu harus membuang jauh-jauh pikiran tersebut. Karena bukan untung yang akan kamu dapatkan, tetapi kamu malah akan bunting.

Bagaimana tidak, kamu perlu mengeluarkan uang lebih untuk menservis kendaraan kamu ketika muncul reaksi kimia yang tidak diinginkan. Tentu memilih oli yang baik untuk mobil kamu bisa dari kualitas yang baik.

TOP 1 Zenzation merupakan jenis oli mobil terbaik yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menjaga kinerja mesin tetap berjalan lancar. 

Tentu memilih oli yang pas akan menjadi prioritas, apalagi dengan fitur yang bisa kamu dapatkan seperti Ester Fortified dan teknologi lainnya.

Mau coba ganti sendiri? Bisa banget sob! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia atau Shopee karena ada DISKON EKSKLUSIF yang ga pake ribet!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: