Selasa, 13 Juli 2021

Beda Fungsi, Ini Kegunaan Oli Transmisi dan Oli Mesin di Mobil

Banyak dari pengguna mobil tidak paham mengenai alat atau barang perawatan yang wajib. Seperti oli transmisi dan oli mesin yang nyatanya tidak semua orang paham mengenai waktu penggantiannya dan perbedaan di komponen.

Sebagai pemilik mobil rasanya sangat wajib untuk mengetahui jenis kendaraan yang digunakan serta paham mengenai kebutuhan mobil yang rutin diganti dalam beberapa waktu mendatang.

Mobil sendiri merupakan kendaraan yang sangat populer di Indonesia, tentu tidak ada salahnya memahami oli mesin serta oli transmisi, kegunaan penting serta perbedaannya dengan beberapa tipe.

Fungsi Oli Transmisi Mobil

Salah satu fungsi oli transmisi adalah menjaga suhu komponen di dalam transmisi tetap dingin. Ketika sedang berkendara, transmisi manual atau otomatis akan menghasilkan panas yang cukup tinggi.

Selain menjaga suhu, transmisi juga akan menjaga perputaran gigi tetap halus sehingga tidak memiliki tekanan di antara komponen.

Nantinya kesehatan perputaran gigi akan terjaga sehingga umur kendaraan lebih panjang, termasuk komponen transmisi yang tentunya akan mahal bila diganti secara keseluruhan baik untuk transmisi manual maupun otomatis.

Lantas, tidak heran bila kebutuhan mobil akan menjadi lebih berat seiring dengan waktu pemakaian. Namun hal ini bisa diatasi dengan perawatan rutin, termasuk mengganti oli transmisi mobil secara berkala.

Fungsi Oli Mesin Mobil

Berbeda dengan oli transmisi mobil, namun faktanya oli mesin mobil memiliki fungsi yang kurang lebih sama. Bila transmisi fokus di bagian tersebut, untuk mesin akan melindungi keseluruhan komponen.

Piston dan beragam komponen penggerak akan terlindungi dengan menggunakan oli mesin mobil. Suhu juga termasuk faktor penting, apalagi bila menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama.

Bila menggunakan oli mesin yang tidak baik dan tidak cocok, bisa terjadi beberapa kesalahan seperti menguapnya oli mesin atau mudah kering meski di jarak tempuh yang masih terbilang pendek.

Lalu perbedaan apa saja yang terlihat dari oli transmisi dan oli mesin mobil?

Bila oli mesin bertugas menjaga agar persinggungan gigi tidak merusak komponen-komponen mesin mobil.

Di sisi lain, oli transmisi bertugas untuk memastikan pergantian gigi agar bisa berjalan lancar. Fungsi oli transmisi juga bertugas menghubungkan transmisi ke bagian gardan agar tarikan lebih halus.

Mulai percayakan oli mobil transmisi kamu dengan produk-produk terbaik dari TOP 1 ATF yang ada di bengkel-bengkel kesayangan kamu!

Atau mau ganti sendiri? Bisa banget kok! Beli langsung ke toko resmi TOP 1 di Tokopedia atau Shopee karena ada DISKON EKSKLUSIF yang ga pake ribet sob!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: