Rekomendasi Oli Mesin Mobil Terbaik dan Berkualitas

Rekomendasi Oli Mesin Mobil Terbaik dan Berkualitas

Dalam menjaga kinerja mobil agar lebih optimal dan lebih baik diperlukan perawatan sebagai faktor utama, salah satunya dengan pemilihan oli mesin mobil terbaik di kelasnya.

Selain oli sebenarnya masih ada hal-hal yang harus diperhatikan dari sebuah mobil, seperti menjaga kinerja kendaraan dari suhu dengan coolant, kebersihan air radiator, kebutuhan oli gardan hingga transmisi.

Rangka mobil juga perlu dicek, bisa saja ada masalah di kaki-kaki mobil hingga umur dari ban atau kendaraan. Tapi faktanya oli mesin menjadi barang perawatan yang sangat penting.

Malas mengganti oli mesin akan berakibat pada tingginya suhu kendaraan hingga matinya komponen mesin karena benturan bagian dalam mobil.

Maka dari itu penting mengetahui apa itu fungsi dari oli mesin, waktu penggantian yang tepat hingga spesifikasi oli mesin yang baik.

Fungsi Oli Mesin

Salah satu kelebihan dari oli mesin adalah mampu membersihkan bagian dalam mesin, menjaga suhu tetap stabil, melindungi atau melapisi komponen mesin dengan baik dan menyeluruh.

Pentingnya mengganti oli sangat dibutuhkan, apalagi di tengah tingginya aktivitas dengan mobil kesayangan hingga puluhan kilometer setiap harinya.

Lantas, menjaga kinerja mobil tetap aman dan nyaman akan meningkatkan kemampuan serta tarikan kendaraan.

Ada juga berbagai teknologi yang muncul seiring perkembangan zaman ketika memilih suatu oli. Sebagai contoh adalah Ester Fortified yang mampu melindungi mesin dan menempel erat dinding komponen sejak pertama kali mesin dihidupkan.

Teknologi ini mampu membuat mobil tetap awet dan aman sekaligus mengurangi kemungkinan oli habis karena penguapan.

Aditif juga bisa menjadi teknologi yang dibuat sedemikian rupa guna memenuhi kebutuhan masing-masing mobil, baik untuk kebutuhan distribusi hingga pemakaian pada umumnya.

Waktu Ganti Oli Mesin

Setelah memahami fungsi dari oli mesin tentu langkah selanjutnya adalah mengetahui batas atau waktu ganti yang tepat dari oli mesin.

Sama seperti kebutuhan pada umumnya dari peralatan perawatan mobil, harus ada waktu atau batasan yang tepat dalam menggantinya dengan yang baru.

Oli mesin di mobil dan motor juga memiliki jarak tempuh sebagai batas penggantiannya. Meski demikian, memang jaraknya berbeda jauh karena mobil bisa menempuh hingga 7.000 km sampai 10.000 km setiap ganti oli.

Sedangkan oli motor memakan waktu yang cukup sebentar yaitu berada di kisaran 2 bulan sekali atau berkisar di angka 2.000 sampai dengan 4.000 km.

Pada umumnya sangat sulit menetapkan waktu penggantian dalam waktu atau bulan karena penggunaan mobil sangat berbeda-beda setiap orangnya.

Bagi mereka yang menggunakan mobil sebagai sarana bekerja seperti taxi tentu akan lebih cepat mengganti oli mesin, bisa 1 hingga 2 bulan sekali.

Jadi selalu sesuaikan waktu penggantian oli mesin dalam jangka waktu yang tepat dan sesuai kebutuhan pengendara.

Spesifikasi Oli Mesin

Setelah mengetahui waktu yang tepat, oli mesin juga tidak boleh sembarang dipilih. Ada banyak tipe atau brand pelumas yang menghadirkan merek oli mesin untuk mobil, namun tidak semuanya memiliki standar.

Sebaiknya oli mesin mobil memiliki standar yang baik seperti API untuk menandakan kualitas oli yang baik. Spesifikasi yang tidak kalah penting adalah viskositas atau kekentalan karena komponen oli mobil berbeda-beda.

Pada oli mobil biasanya diklasifikasikan ke 3 hal, yaitu mobil keluaran lama, mobil keluaran terbaru, hingga mobil LCGC. 

BACA JUGA: 4 REKOMENDASI OLI MESIN MOBIL MATIC UNTUK TINGKATKAN PERFORMA KENDARAAN

Untuk mobil keluaran lama biasanya akan menggunakan spesifikasi oli yang lebih kental seperti 20W-50, sedangkan oli mobil baru membawa tipe yang lebih encer seperti 0W-20.

Lantas di mobil LCGC sendiri bisa menggunakan spesifikasi yang bervariasi seperti 0W-20 atau 20W-50 namun harga dari oli mesin untuk mobil satu ini biasanya akan lebih terjangkau.

Oli Mesin Mobil Terbaik

Oli mesin mobil terbaik harus menyesuaikan kebutuhan dari para penggunanya, baik pengguna biasa hingga pekerja harian seperti kurir.

Penting adanya menggunakan oli mesin mobil terbaik sesuai spesifikasi mobil agar kinerjanya berjalan baik dan tetap optimal di berbagai medan perjalanan.

Tidak lupa kualitas oli yang baik agar kendaraan bekerja lebih baik dengan banyaknya teknologi yang tersedia.

TOP 1 Zenzation merupakan salah satu oli mesin mobil terbaik dari TOP 1 yang sudah lama beredar di pasaran.

Ada berbagai teknologi menarik dan canggih untuk seri oli mesin mobil satu ini, bahkan sudah mengandung oli sintetik yang tahan lama serta tidak mudah menguap.

  • - Ester Fortified: Aditif yang dirancang untuk menjaga mobil anda melaju dengan halus dan memberikan respon sempurna, sejak awal mesin dihidupkan.
  • - Max TBN: Teknologi anti korosi yang lebih tinggi mampu memberikan perlindungan maksimum terhadap karat.
  • - Exceed Euro 6 Standard: Emisi gas buang lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan, daya dan tenaga yang dihasilkan lebih optimal.

Pemilihan oli mesin yang tepat tentu akan menjadi perhatian penting bagi para pengguna mobil yang paham betul akan kebutuhan kendaraan.

Karena pada dasarnya oli mesin juga memiliki kelebihan di beberapa produk, salah satunya TOP 1 Zenzation yang juga memiliki harga terjangkau.

Tunggu apalagi? Ganti oli mesin mobil kamu dengan TOP 1 Zenzation sekarang di bengkel-bengkel terdekat! Atau kunjungi toko online resmi TOP 1 di berbagai lini ecommerce di sini!

© PT Topindo Atlas Asia 2024