Jumat, 1 April 2022

Tips Persiapan Mudik Dengan Mobil Pribadi

Menjelang lebaran, berbagai persiapan untuk mudik pun dimulai. Apa lagi setelah 2 tahun mengalami berbagai pembatasan akibat pandemi, di tahun 2022 ini pemerintah tengah mewacanakan untuk memperbolehkan mudik dengan syarat yang semakin ringan. Tentunya mobil pun harus dipersiapkan agar semakin prima dan siap diajak berjalan jauh menuju kampung halaman.

Banyak pemilik kendaraan biasanya mulai mencicil untuk membeli aksesoris dan beragam perlengkapan untuk menunjang penampilan kendaraan agar semakin kece dan nyaman untuk dikendarai. Dari segi jeroan kendaraan juga harus dipersiapkan dengan matang. Jangan sampai mudik jadi terkendala akibat mesin yang ngadat di jalan dan memberikan memori yang tidak menyenangkan.

Beragam bagian harus dicek dan dibenahi, mulai dari ban, sistem pengereman, kondisi mesin hingga lampu-lampu dan wiper. Bagian-bagian itu harus dipastikan aman dan berfungsi baik. Abai dengan kondisi berbagai bagian penting ini meningkatkan resiko berkendara yang semakin besar.

Pastikan Aman Sebelum Jalan

Sempatkan waktu untuk membawa mobil kamu ke bengkel yang terpercaya untuk melakukan berbagai pengecekan. Tentunya pundi-pundi juga harus dipersiapkan karena mungkin saja terdapat komponen-komponen yang harus diganti. Terdapat beberapa tips singkat yang bisa membantu kamu dalam menyiapkan mobil kesayangan sebelum dipakai mudik.

 

  • Ganti Oli

Sebelum dan sesudah mudik ada baiknya untuk mengganti oli mesin mobil kamu. Jarak tempuh yang jauh dan kondisi macet dapat menyebabkan kualitas oli menurun selama pemakaian. Fungsi pelumasan dan pendinginan dari oli juga tidak maksimal ketika kualitasnya menurun, akibatnya performa mesin menjadi berkurang. Makanya penting untuk mengganti oli minimal sebelum menempuh perjalanan mudik, dan gunakan oli yang sesuai dengan ketentuan pabrikan.

Zenzation Series

TOP 1 Zenzation Series

Salah satu rekomendasi oli yang cocok untuk dipakai keperluan mudik adalah TOP 1 Zenzation yang dirancang untuk mesin mobil modern yang memiliki tingkat kerapatan yang lebih tinggi. Kandungan sintetiknya yang lebih tinggi  juga mampu membuat usia pakai menjadi lebih tahan lama.

 

Berikut berbagai teknologi yang tersedia pada produk TOP 1 Zenzation , antara lain:

  • Ester Fortified: Aditif yang menghadirkan respon mesin sempurna sejak awal mesin dinyalakan.
  • Exceed Euro 6 Standard: Gas buang lebih ramah lingkungan tenaga yang dihasilkan lebih optimal.
  • Max TBN: Perlindungan maksimal dari korosi dan karat.

 

  • Cek Kondisi Ban & Rem

Cek kondisi ban secara menyeluruh termasuk ban cadangan dan pastikan semua ban dalam kondisi baik. Tidak ada retakan, tekanan angin yang cukup serta ulir yang masih bagus. Kondisi rem juga harus dipastikan normal, ganti kanvas rem jika diperlukan.

  • Lampu Wajib Menyala Dengan Baik

Semua lampu harus menyala dengan normal, mulai dari lampu utama, lampu senja, sein dan lampu kabut tidak boleh ada yang redup atau bahkan mati. Terutama jika memutuskan untuk melakukan perjalanan pada malam hari. Lampu merupakan komponen sederhana yang mungkin sering dilupakan namun memiliki peran yang penting!

 

Sekian tips singkat untuk mudik lebaran dan jangan lupa langsung saja gunakan produk terbaik dari TOP 1 untuk kendaraanmu sekarang. Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

 

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Rekomendasi untuk kamu: