Datsun pasang strategi milik Toyota

Datsun pasang strategi milik Toyota

Tak ayal, tren ini juga selaras dengan pandangan Datsun dalam memasarkan mobilnya yang akan bisa dilihat dalam hitungan bulan ke depan (di India). Seperti dikabarkan, mereka mempersiapkan tiga model sekaligus untuk mengisi tiga segmen.

Ternyata langkah yang diambil oleh pihak Datsun sesuai dengan tren penjualan Toyota, yakni mobil kompak, sedan serta model yang merajai tren belakangan ini yakni mini-MPV.

Tiga calon model untuk diproduksi secara massal di India, yakni Datsun I2 dalam bentuk city car, Datsun K2 sub-kompak, dan K2 MPV. Datsun I2 diperkirakan akan dijual di harga 350.000 rupee di kisaran Rp 60 juta.

Adapun Datsun K2 yang mengisi segmen sub-kompak dikembangkan dengan platform Nissan March dan menggunakan mesin March 1.200 cc 3-silinder. Sementara itu, Datsun K2 MPV 7-penumpang akan mampu memuat 5 orang dewasa dengan 2 anak di kursi baris ketiga.

Kehadiran Datsun di Indonesia sendiri pernah diwacanakan lebih cepat dari yang diperkirakan. Setelah sebelumnya ditargetkan pada 2014, media India, indiamart, menyebut bahwa pemasaran mungkin akan dimulai pada tahun fiskal 2013-2014.

"Sebagai langkah awal, dua produk akan diluncurkan di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun fiskal 2013-2014. Satu model lain akan mengiringi sekitar tiga tahun setelah dua produk awal dipasarkan," ungkap pihak Datsun dikutip Indiamart.

(kpl/why/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024