Ford Escape direcall untuk yang keempat kali

Ford Escape direcall untuk yang keempat kali

Ford Motor, Co. (FMC) mengumumkan penarikan dan perbaikan (recall) atas kedua produk mereka, yakni Escape model 2013 dan sedan Fusion, di Amerika Serikat dan Kanada. Ford menjelaskan bahwa penarikan itu dikarenakan trouble pada mesin.

Permasalahan tersebut mengemuka karena adanya laporan terjadinya 'overheating' dan kebocoran cairan, yang kini tengah diselidiki FMC. Akibat recall ini, sebanyak 73.320 unit Escape dan 15.833 unit sedan Fusion bermesin 1,6 liter.

Juru bicara Ford, Said Deep, kepada Associated Press, akhir pekan lalu, memaparkan bahwa ada 12 unit Escape dan satu Fusion yang dilaporkan mengalami kebakaran. Sejak didesain ulang, Escape telah mengalami empat kali penarikan.

Steve Kenner, Direktur Keselamatan Otomotif FMC, menghimbau kepada seluruh pemilik kendaraan, untuk sesegera mungkin menghubungi dealer.

Pihak Ford menjelaskan bahwa dari beberapa pengemudi yang mengalami suhu mesin panas tinggi yang berujung kebakaran, pada cluster instrumen muncul pesan 'Engine Power Reduced to Lower Temps' atau 'Engine over Temp, stop safely'. Selain peringatan tersebut, menurut beberapa pengemudi, juga dibarengi dengan tanda lampu merah.

Ford sendiri sudah memberitahu Lembaga Nasional Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika tentang kejadian ini. Mereka melaporkan ada Escape yang terbakar pada 7 September lalu di Florida yang tidak memiliki tongkat pengukur kapasitas oli mesin. Sehingga, sangat memungkinkan oli mesin ke luar dan mengenai benda panas.

(kpl/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024