Keunggulan Suzuki Ertiga dibanding Avanza - Xenia

Keunggulan Suzuki Ertiga dibanding Avanza - Xenia

Kehadiran Suzuki Ertiga di ranah mini-MPV yang tinggal hitungan hari disebut-sebut cukup menantang raja pasar yang diisi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Untuk bisa menengahi kedigdayaan dua nama tersebut, Ertiga ternyata punya sejumlah keunggulan dibanding dua mobil tersebut, yaitu fitur keamanan, keselamatan, harga, dan kenyamanan.

Bicara ukuran saja, Suzuki Ertiga memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Sementara itu, Avanza memiliki panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695. Dalam hal ini Ertiga lebih panjang 125 mm.

Wheelbase-nya sendiri 2.740 mm, sedangkan Avanza 2.655 mm. Wheelbase yang lebih panjang itu menunjukkan ruang kabin yang lebih lapang dibanding dua nama tadi.

Beralih ke faktor keselamatan berkendara, Ertiga sudah dipasangi sistem rem ABS, EBD, dan BA. Sebagai perbandingan lagi, Xenia tidak dilengkapi sistem ABS, sementara Avanza hanya punya ABS untuk tipe Veloz.

Mobil mini-MPV jadi incaran pencuri? Anggapan ini setidaknya memberi 'sedikit' rasa aman bagi pemilik Ertiga, khususnya varian GX & GL karena memiliki immobilizer. Fungsi teknologi tersebut adalah mencegah mesin mobil menyala tanpa keberadaan kunci kontak asli.

Teknologi yang sudah umum di pasar kendaraan Eropa ini mencakup kerja perangkat chip di dalam kunci, serta komputer dalam mobil (ECU) dan sistem pada kunci kontak. ECU tidak akan memerintahkan mesin mobil untuk menyala jika chip di kunci tidak bertemu sistem di dalam rumah kunci kontak.

Soal harga, Suzuki Ertiga dilepas Rp. 143 juta (tipe GA), Rp. 153 juta (GL), dan Rp. 165 juta (GX), sementara kisaran harga Toyota Avanza adalah Rp 145,75 juta - Rp 182,9 juta dan Xenia mulai Rp. 126,6 juta hingga Rp. 179,3 juta. Jadi, harganya cukup bersaing.

(kpl/why/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024