Meski dipengaruhi banjir, penjualan Honda tetap positif

Meski dipengaruhi banjir, penjualan Honda tetap positif

Musibah banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia beberapa waktu lalu, ternyata tidak menghambat penjualan semua produk mobil Honda. Justru, semua varian Honda mencatat penjualan yang positif.

Berdasarkan data penjualan yang dirilis PT Honda Prospect Motor, pada awal tahun 2014, Honda meraih penjualan total sebesar 9.635 unit dan meraih pangsa pasar 9,3 persen. Angka penjualan tersebut meningkat 57 persen dibanding dengan penjualan pada Januari 2013.

Penjualan Honda didukung oleh produk-produk unggulan Honda, salah satunya Honda Jazz yang mencatat penjualan sebesar 1.893 unit di bulan Januari 2014 lalu. Dengan angka tersebut, Honda Jazz memimpin di segmen hatchback dengan pangsa pasar sebesar 59 persen.

Bahkan, model Low MPV terbaru Honda, Honda Mobilio langsung meraih penjualan sebesar 1.508 unit dan meraih pangsa pasar sebesar 5 persen di kelasnya. Sejak pertama kali diperkenalkan pada bulan September 2013 hingga saat ini, Honda Mobilio telah mencapai pemesanan lebih dari 11.500 unit di seluruh Indonesia.

Peningkatan penjualan yang positif tersebut dibuntuti dengan varian Honda lainnya seperti Honda Brio, CR-V, Freed, Odyssey, serta Civic dan Accord yang jadi andalan Honda di segmen small sedan dan medium sedan.

Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor menyampaikan, "Meskipun sedikit terpengaruh dengan kondisi banjir terutama di Jakarta, pasar di awal tahun ini menunjukkan tren yang cukup positif.

(kpl/tr/rd)

© PT Topindo Atlas Asia 2024