Mobil murah Datsun meluncur Juli 2013

Mobil murah Datsun meluncur Juli 2013

Nissan telah memastikan bahwa mobil murah Datsun akan meluncur pada bulan Juli 2013 di India, setelah sebelumnya mengumumkan soal tiga model yang akan diproduksinya. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para penggemar Datsun di Indonesia.

Lalu, kenapa India? Pimpinan Renault-Nissan, Carlos Ghosn, mengatakan, India memiliki kemampuan rekayasa industri tinggi dan menjadi lokasi tepat untuk mengembangkan produk berdaya saing tinggi, termasuk biaya produksi.

Bahkan, Renault sempat menunjukkan agresivitasnya ketika berniat kolaborasi dengan Bajaj Auto menciptakan pesaing Tata Nano, walau kemudian dibatalkan. Ghosn merasa yakin, India yang berhasil menciptakan mobil termurah di dunia ini menjadi lokasi tepat bagi mereka untuk memulai kebangkitan Datsun.

Nissan saat ini sedang mengembangkan dua prototipe K2 dan I2 di pusat riset dan pengembangan (R&D), Chennai, India. Rencananya, Ghosn sendirilah yang akan memperkenalkan portotipe Datsun K2 dan I2 ke publik.

Ketiga model yang diusung oleh Datsun adalah, pertama, Datsun I2, yang akan menyasar segmen A (mobil kota). Kedua, Datsun K2 mengisi segmen sub-kompak segmen B, dikembangkan dari platform V (Nissan March). Ketiga, Datsun K2 7-penumpang, menyasar MPV dengan susunan jok 5 orang dewasa, plus dua anak pada baris ketiga!

Kabarnya, K2 akan diluncurkan lebih dulu dibanding L2 dan menggunakan mesin yang sama dengan March, yakni 3-silinder, 1,2 liter. Juga ada opsi, diesel 1,5 liter tipe K9K.

(kpl/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024