Mobil murah Datsun tunggu 7 bulan lagi

Mobil murah Datsun tunggu 7 bulan lagi

India akan kedatangan Datsun pertama pada kisaran Juli 2013. Dengannya, pasar Asia khususnya Indonesia bisa menilik kehadirannya, terutama bagi Anda yang sudah berniat membelinya.

Carlos Ghosn, bos Renault-Nissan seperti dikutip Businessline yakin bahwa India menjadi lokasi tepat bagi mereka untuk memulai kebangkitan Datsun. Penilaian itu berangkat dari keberhasilan mereka menciptakan mobil termurah di dunia, Tata Nano.

Datsun sendiri sudah menyiapkan tiga calon model untuk diproduksi secara massal di India. Ada Datsun I2 dalam bentuk citycar, Datsun K2 sub-kompak, dan K2 MPV. Datsun I2 diperkirakan akan dijual di harga 350.000 rupee di kisaran Rp 60 juta.

Nissan-Datsun

Adapun Datsun K2 yang mengisi segmen sub-kompak dikembangkan dengan platform Nissan March dan menggunakan mesin March 1.200 cc 3-silinder. Adapun Datsun K2 MPV 7-penumpang akan mampu memuat 5 orang dewasa dengan dua anak di kursi baris ketiga.

Kehadiran Datsun di Indonesia sendiri pernah diwacanakan lebih cepat dari yang diperkirakan. Setelah sebelumnya ditargetkan pada 2014, media India, indiamart, menyebut bahwa pemasaran mungkin akan dimulai pada tahun fiskal 2013-2014.

"Sebagai langkah awal, dua produk akan diluncurkan di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun fiskal 2013-2014. Satu model lain akan mengiringi sekitar tiga tahun setelah dua produk awal dipasarkan," ungkap pihak Datsun dikutip indiamart.

Hal ini mengimbangi pernyataan Corporate Vice President Nissan Motor Co Ltd, Vincent Cobee, yang menjelaskan bahwa Datsun akan dikembangkan dan di produksi di Indonesia sekitar 2,5 tahun lagu. "Kehadirannya di Indonesia sudah kurang dari 2,5 tahun lagi," ujarnya di Jakarta,

Sebelumnya, sebuah desain mobil sedan Datsun bocor di sejumlah media internasional. Sedan tersebut terlihat simpel dan memiliki gril sesuai dengan sketsa yang dipamerkan CEO Nissan Carlos Ghosn saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Lada Granta

Dasarnya diambil dari Lada Granta, produk mobil Rusia di bawah naungan Avtovaz. Adapun 25 persen saham Avtovaz dimiliki oleh aliansi global Renault-Nissan, yang pada awal tahun ini akan meningkatkan saham mereka lebih dari 50 persen.

Lada Granta

(kpl/why/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024