Nissan perkuat eksistensi Datsun

Nissan perkuat eksistensi Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan penunjukan TBWA Worldwide sebagai partner agensi global untuk brand Datsun. Di bulan Maret 2012 lalu, Nissan menyatakan bahwa Datsun akan kembali sebagai produk modern yang dapat diandalkan dan mudah diakses bagi para pelanggan berjiwa muda dan optimis di tengah pasar yang kian berkembang dengan pesat.

Berdasarkan aspirasi dan dilengkapi dengan teknologi modern berfungsi untuk menjamin pengalaman berkendara yang menyenangkan. Mobil-mobil Datsun akan mulai dipasarkan di Indonesia, India dan Rusia pada tahun 2014.

Pemilihan agensi global sebagai partner Datsun menandai langkah penting bagi pengembangan brand. Seiring dengan waktu yang semakin dekat dengan momen peluncuran sejumlah model baru.

Datsun adalah nama brand Jepang yang diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia sejak awal berdirinya Nissan di sepanjang perjalanan perusahaan yang berkembang dengan sedemikian pesat pada tahun 1970-an, kemudian diikuti globalisasi di tahun 1980-an.

Sejumlah pelanggan dari generasi ke generasi terpikat oleh model kontemporer, teknologi mesin modern, daya tahan luar biasa dan keandalan mobil-mobil Datsun. Brand Datsun dihapus pada tahun 1981 dan selanjutnya dinaungi oleh Nissan seiring dengan ekspansi perusahaan secara global.

“Di pasar yang berkembang dengan pesat, perusahaan mengandalkan Datsun untuk kembali menjalin ikatan dengan para pelanggan yang ingin memiliki mobil dengan model atraktif, relatif terjangkau, dan di atas segalanya, memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan,” ujar Vincent Cobee, Corporate Vice president and Global Head Datsun Business Unit.

“Tak dapat dipungkiri bahwa pemilihan nama Datsun dilakukan karena brand ini tercantum dalam portofolio kami sebagai rekor salah satu brand yang paling dihargai di sepanjang sejarah industri otomotif dunia. Selain itu, hubungan yang terjalin antara Datsun masa kini dan Datsun masa lampau sangat otentik.

TBWA Worldwide akan menggarap tim Datsun berdedikasi tinggi untuk menjalankan kegiatan strategis maupun kreatif dari London. Kantor afiliasinya di Tokyo, TBWA Hakuhodo, juga akan mempersiapkan dukungan operasional bagi tim Datsun di Jepang.

“Merupakan sebuah penghargaan bagi kami untuk dapat berkolaborasi dengan brand otomotif. Namun, kami menjadi sangat terinspirasi ketika kolaborasi tersebut meliputi kembalinya brand yang sebelumnya merupakan sebuah ikon. Dunia sudah berubah, dan kami sangat bangga dapat terpilih untuk mendukung Datsun dalam partisipasinya di dalam pasar yang menunjukkan perkembangan pesat, seperti Rusia, Indonesia dan India,” tandas Tom Carroll, President & CEO TBWA Worldwide.

(kpl/nzr/abe)

© PT Topindo Atlas Asia 2024